Posted by: gunuk | 27/08/2011

Bagaimana Mesin Ferrari 458 Italia Dibuat

Maranello – Berfungsi sebagai sebuah jantung, mesin merupakan bagian paling penting bagi mobil. Dan sebagai sebuah supercar mahal nan eksklusif, Ferrari 458 Italia mengandalkan mesin handmade (buatan tangan) yang dirancang secara rumit dan hati-hati.

Mesin ini sendiri berkonfigurasi V8 berkapasitas 4.5 liter yang mampu menyembur daya sampai 562 dk. Hasilnya, 458 Italia ampu digeber 0-100 km hanya dengan 3,4 detik saja.

Perakitan mesin ini sendiri dilaksanakan di fasilitas produksi Ferrari di Maranello, Italia pabrikan ini membangun bukan hanya mesin milik 458 Italia, tetapi juga membangun mesin Maserati dan Ferrari California.

Pembuatan mesin sepenuhnya mengandalkan kepresisian tangan manusia. Mulai dari pembuatan terlihat mulai dari membuat crankshaft dan blok, dimana mereka memiliki tiga kategori ketebalan, dan akan mengambil yang terbaik.

Selanjutnya, proses pelubangan liner silinder dan lubang oli yang menggunakan peralatan modern yang tetap dikerjakan handmade, tanpa robot. Pemasangan piston dilakukan manual, dengan ketebalan liner yang tetap terjaga.

Kemudian ada tahap pemasangan crankshaft, dimana mesin mobil hampir terangkai utuh. Dan tahap penyelesaian, setelah mesin selesai dirakit masuk tahap pengisian oli, dan air pendingin. Terakhir tahap pengujian, setelah selesai mesin langsung dipasang ke bagian engine bay 458 Italia.

otomotifnet.com)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: