Posted by: gunuk | 28/08/2011

Didemo FPI, Film “?” (Tanda Tanya) Batal Tayang di SCTV

menuk-tanda-tanya

SEHARUSNYA, pada Selasa, 29 Agustus besok, kita menonton film “?” (Tanda Tanya) garapan Hanung Bramantyo yang tayang perdana di TV.

Sayang, film yang dijadwalkan diputar SCTV itu justru gagal ditayangkan. Penyebabnya, SCTV mendapat tekanan dari ormas Front Pembela Islam (FPI) yang menganggapnya sebagai film sesat.

Sabtu (27/8) petang, ratusan anggota FPI mendatangi kantor SCTV di Senayan City, Jakarta Pusat. Berkerumum tepat di gerbang utama SCTV Tower, mereka menyampaikan orasi yang pada intinya tidak setuju film “?” ditayangkan.

“Film ini menggambarkan umat islam itu bengis dan jahat. Ada adegan orang Islam merusak restoran Cina, pendeta ditusuk, dan gereja dibom,” seru Ketua FPI DKI Jakarta, Habib Salim Alatas, dalam orasinya.

Perwakilan FPI kemudian diterima oleh pohak SCTV untuk berdialog. Hasil akhir dari dialog selama 20 menit itu memutuskan SCTV batal menayangkan film “?”. Mendengar keputusan tersebut, massa FPI terlihat cukup puas dan pulang membawa kemenangan.

Pada awal pemutarannya di bioskop April 2011 lalu, film yang dibintangi oleh Revalina S. Temat juga ini sudah menimbulkan kontrovesi. Hanung sendiri dalam jumpa persnya ketika itu sudah mengklarifikasi tujuan film ini dibuat.

Suami arts Zaskia Adya Mecca itu membantah jika film racikannya disebut sesat dan menjelek-jelekkan ummat muslim.

“Lewat film ini saya justru mau menunjukkan gambaran peristiwa yang sering terjadi. Di bagian akhir film ini akan diungkapkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Itulah Islam yang sebenarnya,” jelas Hanung.

Pada Mei silam, KH Cholil Ridwan, Ketua Bidang Seni dan Budaya MUI Pusat melarang film “?” tayang di TV. Nampaknya, “fatwa” ini yang kemudian dijadikan dasar tindakan FPI mendemo SCTV.

Sebetulnya, sebelum sebuah film dijadwalkan tayang di TV, film tersebut sudah melalui sensor di LSF yang di dalamnya juga terdapat unsur MUI sebagai anggota. Mengecek situs LSF, film “?” sudah dinyatakan lolos sensor pada 16 Agustus silam

 

 

tabloidbontang.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: