Posted by: gunuk | 31/08/2011

Setahun Kepemimpinan Bupati Tabanan, Optimis Mempertahankan Tabanan Sebagai Lumbung Berasnya Bali

Tabanan – Tidak terasa, sudah setahun Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memimpin Kabupaten Tabanan. Kepemimpinan yang masih tergolong sangat muda, tidak menyurutkan niat serta langkahnya untuk terus memupuk impian  menbangun Tabanan lebih baik ke depan. Berbagai prestasi yang sudah berhasil diraih menjadi  sebuah motivator untuk terus berkarya menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Bupati Eka optimis pihaknya dengan peran serta semua pihak serta komponen masyarakat akan mampu mempertahankan Tabanan sebagai lumbung berasnya Bali. Demikian disampaikan Bupati Eka saat ditemui di tengah –tengah panen jagung di Rumah Jabatan Bupati setempat.

T

Menurut Bupati Eka, sampai saat ini sudah banyak program yang telah dilakukan untuk  mengangkat Tabanan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Melalui visi Tabanan Serasi seluruh program tersebut telah diimplementasikan. Terkait pembangunan pertanian di Tabanan, menurutnya mempertahankan Tabanan sebagai lumbung berasnya Bali harus dikawal dari hulu ke hilir. Peran serta Pemerintah Pusat memegang peran utama dalam hal ini. “Saya harap segala kebijakan serta aturan yang dibuat Pemerintah Pusat harus pro rakyat lah. Petani kita tidak akan maju apabila aturan serta relugasi tidak berpihak terhadap mereka,” ujarnya.

Ditambahkan, Tabanan saat ini menjadi daerah percontohan bagi pertanian di daerah lain. Ini dibuktikan dengan berbagai kunjungan yang dilakukan dari BUMN serta Kementerian Pertanian baru-baru ini ke Tabanan. Bantuan pusat juga terus bergulir seperti bantuan pembayaran setelah panen (Yarnen) yang diharapkan mampu membantu petani kita untuk mengembangkan hasil pertanian serta meningkatkan hasil produksi dan ketahanan pangan. “Untuk mempertahankan Tabanan sebagai lumbung berasnya Bali, semua komponen harus ikut berperan serta. Mari kita pikirkan bersama bagaimana tetap mempertahankan icon tersbut, karena itu adalah kebanggaan Tabanan,” paparnya.

Program lain yang dilakukan untuk mengangkat perekonomian kerakyatan adalah dengan menggalakkan kembali koperasi. Ternyata segala bentuk kerja keras yang dilakukan tidak sia-sia, Tabanan meraih penghargaan di tingkat nasional  yaitu sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi di tingkat Nasional. Bupati berharap melalui koperasi seluruh usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pertanian bisa didorong untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan.

Tidak berhenti sampai disitu, di bidang kesehatan Bupati Eka menegaskan Tabanan sudah melebihi kuota di dalam penangangan kanker serviks. Hal ini mendapat sambutan yang sangat positif dari Menteri Kesehatan RI, pihaknya memberikan apresiasi serta dukungan yang luar biasa terhadap pemberantasan kanker serviks di Tabanan. “Untuk memeriahkan HUT Kota Tabanan November mendatang, kami sudah merancang program untuk memberikan pemeriksaan kanker serviks gratis di sepuluh Kecamatan yang ada di Tabanan. Mudah-mudahan kegiatan sosial ini bisa membantu masyarakat kita di Tabanan,” imbuhnya.

Bupati Eka menegaskan, sampai saat ini infrasruktur tetap menjadi skala prioritas pembangunan di Tabanan. Pihaknya meminta semua pihak tetap berpikir positif serta terus berkomitmen agar program tersebut segera terealisasi. Karena  pembenahan infrastruktur akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi serta pengembangan investasi di Tabanan. Menilik potensi yang dimiliki Tabanan, Bupati Eka memaparkan potensi yang dimiliki Tabanan begitu luar biasa. Tidak hanya potensi sumber daya alamnya saja, potensi sumber daya manusia yang dimiliki patut diperhitungkan. Pendidikan karakter sejak dini melalui keluarga, diharapkan mampu mencetak generasi yang mampu melanjutkan kepemimpinannya di masa mendatang.

Untuk diketahui dalam kurun waktu setahun, Bupati Eka sudah berhasil memboyong beberapa penghargaan seperti, Plakat Wahana Tata Nugraha di bidang lalu lintas, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) tahun anggaran 2011, penghargaan sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi tingkat Nasional, Penghargaan Pemberian Akte Bebas Biaya.@humas Tabanan

sumber; pemkab tabanan
Advertisements

Responses

  1. omong kosong….

  2. mudah mudahan jalan paek umah yange jah jelinjingnane enggal benine, suksema

  3. lanjutkan ibu bupati !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: