Posted by: gunuk | 16/09/2011

Rossi Gunakan Sasis Aluminium di Aragon

AFP Pebalap Ducati, Valentino Rossi (kanan), bersama dengan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner (tengah), dan pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, dalam jumpa pers pra-event di Aragon, Spanyol.

  Valentino Rossi sudah mengonfirmasi bahwa akhir pekan ini Ducati tunggangannya akan menggunakan sasis aluminium di Sirkuit Aragon. “The Doctor” mengambil keputusan tersebut setelah dia sukses melakukan tes sehari di Mugello pada pekan lalu.

Ini hanya langkah pertama, dan kami terus bekerja, dan harus mencoba untuk kembali berjuang di posisi depan
— Valentino Rossi

Dalam jumpa pers pra-event, Kamis (15/9/11), pebalap berusia 32 tahun ini menegaskan hal tersebut. Juara dunia tujuh kali MotoGP ini mengatakan dia akan menggunakan konsep baru. Dalam kesempatan ini pun, Rossi sekaligus mengakhiri spekulasi mengenai apakah dia akan memboikot GP Jepang pada 2 Oktober mendatang, karena dia sudah memastikan diri tampil di Motegi.

Selama ini, Ducati menggunakan sasis serat karbon yang tentu saja lebih rigid. Tetapi seiring perjalanan waktu, Ducati mengalami banyak kendala, yang membuat mereka nyaris tak pernah bisa meraih prestasi bagus. Akibatnya, Rossi membuat konsep baru untuk mengalihkannya ke sasis alumunium, seperti yang masih digunakan tim-tim Jepang.

Nah, akhir pekan ini di Aragon Motorland, Rossi mulai menggunakan sasis baru tersebut. Tentu saja, harapannya agar dia bisa mengubah peruntungan Ducati dan dirinya, yang sampai dengan seri ke-13 di San Marino dua pekan lalu, hanya mampu satu kali naik podium. Sasis aluminium buatan spesialis sasis yang bermarkas di Inggris, FTR, sudah diuji coba di Mugello pekan lalu.

Meskipun demikian, sasis yang akan dipakai merupakan versi aluminium serat karbon saat ini. Artinya, sasis tersebut tidak konvensional seperti konsep yang digunakan Honda, Yamaha, dan Suzuki, di mana tiga pabrik Jepang itu menggunakan sasis tiang kembar.

Rossi berharap, hal baru itu akan membantunya untuk mengatasi masalah kronis pada setir. Pasalnya, persoalan tersebut (setir) selalu mengganggu Rossi sejak dia melakukan debutnya dengan Ducati bulan November lalu.

Rossi mengatakan: “Saya akan mencoba salah satu motor (sasis) aluminium dalam latihan nanti. Di Mugello, motor terasa sudah lebih baik, dan juga catatan waktu lap lebih bagus. Jadi, kami menggunakan balapan ini sebagai uji coba. Dalam hal bentuk, aluminium berbeda dengan karbon. Ini bukan rangka. Filosofi Ducati tetap sama, tetapi bagian depan motor yang sedikit berbeda.

“Ini dari aluminium, dan tidak dari karbon seperti sebelumnya. Materialnya adalah soal waktu, karena kami harus bekerja untuk mencoba memahami motor, dan dengan aluminium anda perlu waktu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan karbon. Ini hanya langkah pertama, dan kami terus bekerja, dan harus mencoba untuk kembali berjuang di posisi depan.

 

sumber:

AFP,koran kompas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: