Posted by: gunuk | 19/09/2011

Android Laku, Microsoft Paling Untung

Meski perkembangan Windows Phone tak sepesat Apple iOS atau Google Android, Microsoft tetap menuai hasil besar dari industri smartphone yang sedang tumbuh pesat. Tidak lain karena Microsoft memperoleh uang yang tidak sedikit dari penjualan Android.

Mengapa Microsoft bisa memperoleh uang yang sangat banyak dari Android? Hal ini karena Microsoft memberikan kebijakan yang lunak terhadap penggunaan Intelectual Property milik mereka yang digunakan dalam smartphone Android. Microsoft menganut prinsip lisensi paten sehingga beberapa paten mereka yang dipakai oleh Android mereka relakan untuk dipakai asal ada pembayaran royalti terhadap paten yang dipakai tersebut. Jumlah yang dibayarkan oleh beberapa vendor Android diperkirakan paling kurang tiga kali lipat dari penghasilan yang diperoleh oleh Microsoft dari menjual device Windows Phone.

Kebijakan Microsoft ini sangat berbeda dengan Apple Inc yang menginginkan superioritas gadget mereka, baik iPhone maupun iPad. Dengan konsep ini, Apple Inc tidak menginginkan peniruan, apalagi pemakaian paten secara ilegal milik Apple Inc oleh smartphone atau tablet yang dihasilkan oleh vendor lain.

Pendekatan Microsoft sangat sesuai dengan kondisi perang paten. Walaupun tidak banyak dilaporkan seperti Apple Inc yang banyak menuduh vendor Android, Microsoft memperoleh pendapatan yang sangat banyak dari Android. Pada bulan Mei 2011 yang lalu, Asymco melaporkan setiap perangkat Android yang dijual oleh HTC, Microsoft akan memperoleh 5 dollar AS. Bila diprediksi tahun ini HTC bisa menjual 50 juta smartphone, tentu saja Microsoft akan memperoleh 250 juta dollar AS. Ini baru satu vendor.

Beberapa hari yang lalu, Microsoft telah sepakat dengan ViewSonic dan Acer dalam lisensi paten. Meskipun tidak disebutkan seberapa besar kesepakatan tersebut, analis percaya Microsoft akan makin besar pendapatannya dari Android. Apalagi tidak hanya Android, Laptop Chrome yang dihasilkan oleh Acer juga akan membayarkan royalti kepada Microsoft. Tentunya, kebijakan Microsoft yang sangat lunak dalam hak paten memberikan nilai yang sangat besar. Tampaknya Microsoft tidak akan menempuh cara Apple Inc yang menggugat dugaan pelanggaran hak paten kepada pesiangnya karena mereka hanya ingin royalti sehingga bisa memberikan pemasukan yang tidak sedikit ke kas perusahaan

sumber ;koran kompas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: