Posted by: gunuk | 23/09/2011

Bupati Eka, Memimpin Tabanan Berkonsep Pada Ajaran Tri Hita Karana

Tabanan – Dalam mewujudkan segala impiannya selama ini Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti tidak mengenal kata gagal dalam kamus hidupnya. Kesuksesan yang berhasil diraih merupakan sebuah anugerah dari Tuhan. Jabatan sebagai seorang Bupati merupakan titipan serta amanat yang harus dilakoni dengan rasa tulus  dan  penuh tanggung jawab. Dalam menjalankan kepemimpinannya selama ini pihaknya selalu menerapkan konsep Tri Hita Karana agar terwujud keharmonisan di segala aspek. Demikian disampaikan Bupati Eka saat mendapat kehormatan didaulat sebagai narasumber dalam acara stadium general yang digelar Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar di kampus setempat, Selasa (20/09) kemarin.

Bupati Eka menyatakan rasa bangganya karena telah diberi kepercayaan sebagai narasumber dalam acara stadium general kali ini. Hal ini merupakan salah satu bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan dunia pendidikan khususnya pendidikan Agama Hindu. Pihaknya menuturkan, untuk mampu mewujudkan tatanan hidup yang harmonis dibutuhkan rasa tenggang rasa dan solidaritas yang tinggi antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat. “Saya selalu menerapkan konsep Tri Hita karana dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang pemimpin, apabila adik-adik mahasiswa sekalian mampu menerapkan ajaran tersebut saya yakin ke depan kita pasti bisa mencetak generasi penerus yang berpikiran positif karena  jika kita mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan Tuhan, antar manusia serta lingkungan alam maka tatanan kehidupan yang harmonis dan damai akan tercipta,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka juga mengingatkan para mahasiswa agar tidak canggung-canggung  bergabung dalam organisasi, karena melalui media tersebut kemampuan dan pemikiran bisa ditunjukkan. Di samping itu lewat organisasi kita juga ikut berpartisipasi membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Bupati Eka memaparkan dirinya bisa berhasil seperti sekarang berkat kegigihan serta komitmennya untuk meraih segala sesuatu dengan kerja keras dan selalu berjuang sampai titik darah penghabisan. “Kemenangan yang berhasil diraih merupakan kemenangan kita bersama, saya mengajak masyarakat Tabanan untuk mengisi kemenangan ini didasarkan pada budi pekerti yang luhur, suatu bangsa bisa hancur bila tidak memiliki nilai yang satu ini, apalagi saat ini nilai budi pekerti mulai berkurang karena jaman yang serba instan,” imbuhnya.

Sementara Rektor IHDN, Profesor Dr. I Made Titip menyampaikan rasa kagumnya karena Tabanan mampu memecah rekor sebagai Kabupaten pertama di Bali yang memiliki Bupati perempuan. Kepedulian yang Bupati Eka tunjukkan utamanya dalam bidang pendidikan agama Hindu merupakan sebuah motivasi bagi pihaknya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi kemajuan kampus IHDN ke depan. Ditambahkan, kehadiran Bupati Eka dalam kesempatan tersebut diharapkan mampu memberikan motivasi bagi anak didik untuk selalu menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dan selalu berjuang dengan gigih untuk meraih suatu prestasi. “Kehadiran Ibu Bupati ke kampus kami memiliki makna yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan kerjasama yang kita jalin selama ini akan terus berlanjut, karena kepedulian yang ibu tunjukkan  menggugah kembali semangat kami untuk selalu melakukan yang terbaik bagi perkembangan ajaran agama Hindu ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diisi sengan session tanya jawab antara mahasiswa dengan Bupati Tabanan serta penyerahan kenang-kenangan dari Rektor IHDN sebagai bentuk apresiasi terhadap kehadiran Bupati


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: