Posted by: gunuk | 15/10/2011

Hasil Dua Kali Latihan Bebas Sirkuit Phillip Island, Australia.

Valentino Rossi sudah mengakui bahwa Ducati bakal sulit mempertahankan rekor tak terkalahkan sejak 2007 di Sirkuit Phillip Island, Australia. Tetapi, hasil dua kali latihan bebas pada Jumat (14/10/11), memberikan gambaran bahwa Ducati mengalami persoalan besar karena “The Doctor” selalu terlempar dari posisi 10 besar. Saya tidak bisa membalap dengan baik hari ini, sebagian karena rasa sakit di jari kelingking kiriku, yang mengganggu saya lebih dari diperkirakan

— Valentino Rossi
Apa alasan utama yang membuat juara dunia sembilan kali grand prix ini tak berdaya? Pebalap berusia 32 tahun asal Italia ini mengakui, dirinya frustrasi karena menghadapi dua persoalan, yaitu pengesetan motor dan cedera pada kelingking tangan kirinya.

“Hari ini tidak mudah, terutama sejak kami berharap bisa segera lebih baik, seperti di Motegi dua pekan lalu, ketika trek ini normalnya sangat bagus bagi Ducati,” ujar Rossi.

“Kami memulainya dengan pengesetan yang sama, dengan hanya sedikit penyesuaian pada fork spring (sokbreker ulir), tetapi rasanya tidak sama.”

Juara dunia tujuh kali MotoGP ini mengakui, pengesetan menjadi faktor utama performanya yang buruk. Meskipun demikian, dia tak menampik jika cedera patah kelingking ikut berperan membuat penampilannya semakin buruk.

“Saya tidak bisa membalap dengan baik hari ini, sebagian karena rasa sakit di jari kelingking kiriku, yang mengganggu saya lebih dari diperkirakan. Tetapi, hal yang utama adalah karena rasa dengan motor. Saya tidak bisa melakukan pengereman dengan baik atau memasuki tikungan dengan baik,” jelas mantan pebalap Honda dan Yamaha ini.”Besok kami akan mencoba obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat untuk tanganku, dan dari sudut pandang teknis, kami akan mencari solusi yang berbeda untuk melakukan perubahan bagian depan, dan melakukan lebih baik dari posisi ke-13.”Kami tidak akan mengubah pengaturan secara keseluruhan. Kami mungkin akan memindahkan posisi roda depan, tetapi kami hanya membicarakan tentang perubahan kecil.

Marquez Dipenalti Satu Menit

Marc Marquez akan start dari posisi paling belakang pada balapan Moto2 di Sirkuit Phillip Island, Australia, akhir pekan ini. Dia terkena penalti satu menit, yang akan ditambahan pada hasil kualifikasinya, sebagai hukuman atas tindakannya yang menyebabkan terjadi kecelakaan mengerikan dengan pebalap Thailand, Ratthapark Wilairot, pada latihan bebas pertama, Jumat (14/10/2011) pagi.

Marquez, yang saat ini memimpin klasemen sementara Moto2, sangat ceroboh. Ketika bendera dikibarkan tanda latihan bebas pertama sudah selesai, juara dunia kelas 125 cc tersebut masih tetap ngebut sehingga dia menabrak dari belakang motor Wilairot di tikungan 3.

Hantaman keras tersebut membuat Wilairot, yang waktu itu sudah pelan, terpental. Pebalap Thai Honda Singha SAG ini harus dilarikan ke rumah sakit di Melbourne akibat cedera cedera punggung dan lutut, meskipun ada keajaiban karena tak ada patah tulang ataupun cedera serius.

Dengan kenyataan ini, Marquez harus bekerja ekstra keras saat balapan nanti. Pasalnya, dia harus bisa menembus barisan depan demi mempertahankan posisinya sebagai pemimpin klasemen, yang baru saja diambil alih dari Stefan Bradl, seusai GP Jepang dua pekan lalu. Apalagi, balapan musim 2011 ini tersisa tiga seri lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: