Posted by: gunuk | 18/10/2011

Taman Ayun yang Dikagumi Tim UNESCO

Tim penilai warisan budaya dunia dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengagumi keasrian Pura Taman Ayun, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

“Mr Augusto Vilanon dari UNESCO sangat mengagumi Pura Taman Ayun,” kata Sekda Kabupaten Badung Kompyang R Swandika di Mangupura,

Kedatangan rombongan dari UNESCO yang dipimpin Augusto Vilanon di Pura Taman Ayun disambut para penari putri yang mengenakan tengkuluk lelunakan sebagai pakaian adat masyarakat Kabupaten Badung.Setelah menikmati minuman selamat datang, tim UNESCO beserta rombongan lainnya memasuki areal Pura Taman Ayun untuk mengamati keberadaan pura tersebut, sebagai warisan leluhur yang masih terjaga kelestariannya.

Selanjutnya, rombongan memasuki wantilan jaba tengah untuk menyaksikan audio visual mengenai keberadaan Pura Taman Ayun.

Agung Prana selaku juru bicara Pura Taman Ayun memberikan penjelasan secara detail mengenai keberadaan puri, Pura Taman Ayun, dan masyarakat sekitar, termasuk subak dan lingkungannya yang telah terjalin selama ini.

“Keharmonisan ini yang telah terjalin membawa Mengwi dalam kekiniannya dan tidak terlepas dari filsafat Hindu Tri Hita Karana, bagaimana hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alamnya. Hal inilah yang menjadi tonggak kehidupan Mengwi dan Bali pada umumnya,” papar Agung.

Seusai mendapat penjelasan, Augusto Vilano menyatakan kekaguman dan kebanggaannya terhadap pura tersebut. “Saya sangat bangga dan terkesan dengan atmosfer warisan budaya yang ada di lingkungan Pura Taman Ayun,” katanya sebagaimana ditirukan Sekda.

Kedatangan lima orang dari UNESCO itu didampingi pejabat Pemerintah Provinsi Bali dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Badung.

Selain Pura Taman Ayun, tim dari UNESCO itu juga mendatangi tiga obyek lainnya di Bali yang diusulkan sebagai warisan budaya dunia, yakni daerah aliran sungai Pakerisan di Kabupaten Gianyar, Danau Batur di Kabupaten Bangli, dan Subak Jati Luih di Kabupaten Tabanan

sumber:ANTARA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: