Posted by: gunuk | 19/10/2011

RBT Di Stop…………..Ada Yang Sedih Ada Yang Gembira

Banyak artis, baik pencipta lagu maupun penyanyi, merasa sedih dengan rencana pemerintah menyetop sementara layanan ring back tone (RBT). Bahkan, di antara mereka sempat mendatangi kantor DPR RI mempersoalkan penghentian layanan SMS premium dan RBT itu.

Di antara artis-artis yang merasa sedih itu, grup band Pasha Ungu, Nidji, Padi, bahkan  Anang Hermansyah, Marcell Siahaan, Vidi Aldiano, Maia Estiyanty, Bunga Citra Lestari dan lain sebagainya.

Mereka sedih, tentu saja wajar. Sebab, pendapatan mereka terancam berkurang, jika pemerintah melalui Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) benar-benar menghentikan layanan SMS premium, termasuk RBT itu.

Sesuai rencana, penghentian sementara layanan yang dinilai banyak masyarakat merugikan itu akan diberlakukan mulai Selasa (18/10). Mendengar berita tersebut, penyanyi Vidi Aldiano spontan mengaku sedih.

“Gue kaget dan sedih banget,” ujarnya saat ditemui di Studio Trans TV, Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan,  kemarin dini hari.
Dia merasa sedih, karena penjualan lagu via telepon selular itu di mata para aris sangat menguntung. Efektif dan efisien, hasilnya memuaskan.

Makanya, wajar jika kebijakan pemerintah itu dinilai akan berdampak pada industri musik Indonesia. Itu mengingat, era penjualan fisik kaset atau CD di era teknologi ini semakin menurun, sehingga menurut Vidi, banyak musisi mengandalkan penjualan RBT sebagai sumber penghasilan.
“Gue tahu banget banyak musisi yang mengandalkan penghasilan dari RBT. Ya, karena sangat menguntungkan,” tutur penyanyi berusia 21 tahun itu.
Vidi mengetahui rencana penghentian layanan RBT itu dari label musiknya. Pelantun ‘Nuansa Bening’ itu mengatakan, penyetopan itu bukanlah solusi tepat mencegah pencurian pulsa.
“Gue sebal banget karena pembajakan juga masih ada. Pemerintah nggak bisa juga menanggulangi masalah itu. Sekarang RBT yang menjadi mata pencaharian, di-cut juga,” sesalnya.

Hal senada diungkapkan pelantun ‘Takkan Terganti’, Marcell Siahaan. Dia menilai, menghentikan RBT langkah sangat ekstrim. Alasannya, RBT tak ada kaitan dengan masalah pencurian pulsa.

“Yang ditindak sebenarnya jangan RBT-nya deh. Katanya menterinya jago IT, kok ambil kebijakan ektrim,” tuturnya meski dia mengaku pada penjualan musik juga dalam bentuk album.

Industry music

Sementara itu, penyanyi Anang Hermansyah menilai penutupan RBT akan berdampak buruk bagi industri musik Indonesia. Bahkan, ia menilai penutupan itu akan menimbulkan masalah baru. “RBT itu penyelamat industri musik di Indonesia,” tegasnya.

Menurut Anang, Indonesia belum mempunyai teknologi secanggih Korea dan Jepang yang bila ingin beli CD tinggal mengunduh. Makanya, RBT dinilai sangat penting untuk industri musik di Indonesia.  ’’Kalau ditutup, ya pemerintah harus carikan solusinya dong,’’ katanya.

Maia Estiyanty, mantan istri Dhani Ahmad ini juga kesal. Menurut dia, ‘‘Kalau ditutup, kita jualan apa,’’ terang dia sembari menegaskan bila penutupan itu akan  menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan rekaman maupun musisi.
Dia menegaskan, yang salah dalam kasus ini pencurian pulsanya. ‘‘Bukan RBT-nya,’’ tukasnya yang diamini BCL.

Karena itu, wajar jika beberapa grup band papan atas mendatangi kantor DPR RI.

Di antara mereka Vokalis Band Ungu, Pasha, Vokalis Nidji, Giring, dan Gitaris Padi Piyu. Mereka datang ke DPR didampingi anggota Komisi I DPR yang juga seorang selebriti, Tantowi Yahya.

Mereka sama, mengeluhkan rencana penutupan layanan RBT. “Rencana BRTI meng-unreg semua layanan content provider dikeluhkan. Mereka merasa itu bisa merugikan, karena mereka menganggap RBT tidak berkategori yang bermasalah,” kata Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq, di gedung DPR, Jakarta, Senayan.
Menurut Mahfud, Komisi I tetap mendukung langkah BRTI mereset semua konten. Setelah meresat nanti akan dibuat aturan lebih ketat terkait konten bermasalah dan yang tidak.
“Siapa yang menawarkan RBT, siapa yang kerjasama dengan operator sejak pertama orang beli pulsa.  Lalu ada paket yang di dalamnya ada RBT, pulsa dipotong itu kan nggak boleh. RBT sementara ditinjau dululah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: