Posted by: gunuk | 24/10/2011

Kejati Tetapkan 2 Tersangka Kasus Mark Up RS Internasional

Kejaksaan Tinggi Bali kini sudah menetapkan dua tersangka kasus mark up pengadaan lahan rumah sakit internasional (RSI) di Desa Nyitdah, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kedua tersangka tersebut berinisial SDM, yang saat itu selaku sekretaris panitia pengadaan proyek pembangunan RSI Tabanan di Desa Nyitdah, dan NS, selaku rekanan.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Bali Eko Indarno, saat dikonfirmasi, mengatakan kedua tersangka diancam Pasal 2 dan Pasal 3 UU No 31/1999 dan UU No 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

“Mereka berdua (tersangka) diancam dua pasal (pasal 2 dan pasal 3)  karena  mereka menguntungkan orang lain dan memperkaya diri sendiri,”  ujar Eko Indarno, saat dihubungi di ruang kerjanya di kantor Kejati Bali, Selasa (18/10).

Dari hasil pemeriksaan sementara, kedua tersangka tersebut diduga telah melakukan penggelembungan biaya (mark up) dalam pengadaan lahan RSI Tabanan seluas 7.250 m2 di Desa Nyitdah hingga Rp2 miliar dari total biaya Rp14 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tabanan.

Modus yang dlancarkan tersangka, jelas  Eko, yakni dengan memasukkan daftar harga pembelian lahan yang sudah dilipatgandakan dari harga lahan yang dibelinya dari pemilik tanah.

Harga pembelian lahan dalam proyek itu dimasukkan Rp13,142 juta/100 m2, padahal NS selaku rekanan membelinya seharga antara Rp6-9 juta/100 M2.

Atas mark up tersebut, negara dirugikan hingga Rp2 miliar.

Dokumen kasus dugaan korupsi proyek RSI yang terjadi pada 2003-2004 ini kini tengah diperiksa Tim Penyidik Kejati yang dikoordinatori Made Jaya, untuk selanjutnya dilakukan penyitaan.

Mulai pekan depan, Tim Penyidik yang terdiri dari lima orang ini akan mulai memanggil saksi-saksi.

“Jumlah saksi yang akan kami panggil cukup banyak sampai puluhan orang,” jelas Eko.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: