Posted by: gunuk | 24/11/2011

Fungsi Teknologi NFC (Near Field Communications) Pada Ponsel

Kalau kita lihat sejarah transaksi pembayaran, awalnya dulu sebelum ada kemudahan elektronika seseorang harus mengambil uang dahulu ke bank dengan mengantre di loket sehingga sebaiknya mengambil uang untuk pemakaian selama jangka waktu tertentu mengingat usaha yang lumayan untuk mengambil sejumlah uang. Dengan adanya anjungan tunai mandiri (ATM), di mana-mana usaha untuk mengambil uang menjadi ringan sehingga seseorang cukup mengambil uang untuk jangka waktu pendek. Selain itu ATM mengurangi resiko pemegang uang dari kejahatan pencurian/perampokan/dan lain-lain karena uang yang diambil biasanya lebih sedikit jika dibandingkan dengan mengambil uang di loket bank.

salah satu ponsel yang menganut teknologi NFC

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi , munculah alat pembayaran baru elektronika yang menjadi popular di Indonesia seperti kartu kredit dan kartu debit. Kedua jenis pembayaran tersebut menggunakan kartu pintar yang digosokkan ke terminal pembayaran di toko-toko ketika membayar. Kartu pintar dapat menggantikan uang fisik yang biasanya disimpan di dompet sehingga pengguna kartu pintar dapat terhindar dari tindak kejahatan dan juga pengguna mendapatkan kemudahan, yaitu tidak perlu mengambil uang ke bank atau ATM dan menyimpan di dompet.

Pada saat ini, selain dompet wajib hukumnya membawa handphone dalam berpergian. Ini memberikan ide bagi inovator untuk menggabungkan dompet dan handphone. Sudah ada layanan inovatif dari mobile provider untuk melakukan pembayaran menggunakan SMS maupun mobile web. Sebuah konsorsium dari produsen-produsen raksasa handphone di dunia akhirnya bekerja sama untuk membuat produk baru untuk menggabungkan dompet dengan handphone dengan nama Near Field Communications (NFC).

berkat adanya fitur Near Field Communication (NFC) pada ponsel yang memungkinkan penyederhanaan transaksi, pertukaran data, dan koneksi hanya dengan sentuhan.

Fitur ini akan berjalan seperti kartu kredit atau kartu debit yang hanya menggesekkan pada mesin pembaca. Secara otomatis, nantinya uang yang ada dalam pulsa akan terpotong sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan.

Fitur NFC ini awalnya dipakai oleh ISIS, perusahaan patungan antara operator AT&T, T-Mobile, dan Verizon Wireless. Perusahaan yang diluncurkan pada 16 November 2010 tersebut menangani sistem pembayaran mobile. Pada 19 Juli 2011, ISIS telah menjalin kerjasama dengan Visa, Mastercard, Discover, dan American Express.

Perlahan-lahan, vendor ponsel juga mulai tertarik mengadopsi sistem tersebut. Alhasil, HTC, Samsung, Blackberry dan Nokia pun memasukkan teknologi itu ke beberapa ponsel pintarnya.

Seperti dikutip Digitimes, vendor ponsel asal Taiwan menjelaskan porsi ponsel yang menggunakan fitur NFC saat ini masih kurang dari 10 persen. Tapi dalam dua hingga tiga tahun lagi bisa lebih dari 50 persen.

“Dompet mobile bisa dilakukan sedikitnya lima tahun lagi, tapi dengan penggunaan fitur NFC bisa dipercepat dalam dua hingga tiga tahun saja,” jelas informan tersebut.

Cuma untuk menuju fitur pembayaran online itu akan dibutuhkan spesifikasi standar, baik dari sisi teknologi maupun kesiapan perangkatnya. Selain itu, operator, bank, perusahaan penerbit kartu kredit dan industri terkait harus membicarakan kesiapan teknologi itu untuk dijadikan alat pembayaran online.

Di Nokia N9, teknologi NFC salah satunya bisa digunakan untuk memainkan musik. Untuk mendengar musik dengan speaker Nokia Play 360 Derajat atau perangkat lain yang mendukung, pengguna cukup dengan menempelkan ponsel di atas speaker. Selain teknologi NFC, Nokia N9 juga dibungkus dengan bahan polikarbonat sehingga menangkap sinyal lebih bagus. Ponsel ini juga punya 3 home view dan live multitasking, meliputi notifikasi, menu utama dan open application.


Advertisements

Responses

  1. […] itu, ponsel ini juga menyediakan fitur Augmented Reality dan Near Field Communication (NFC). Dengan aplikasi Wikitude Augmented Reality, pengguna dapat mencari kontak BlackBerry […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: