Posted by: gunuk | 28/11/2011

Honda CR-Z

foto Produsen mobil raksasa asal Jepang, Honda Motor Company (Honda) nampaknya serius menggarap ceruk pasar mobil sport berteknologi hybrid. Buktinya, setelah sukses meluncurkan Honda CR-Z (Compact Reinaissance – Zero) hybrid pada 2010 lalu, kini pabrikan itu menyiapkan varian baru yaitu CR-Z Type R.

Kepastian produksi Honda CR-Z versi berperforma tinggi itu diungkapkan Norio Tomobe, pimpinan proyek pengembangan Honda CR-Z seperti dilansir Temple of Vtec dan autoguide.com, Ahad, 13 November 2011. “Mobil itu tengah dalam proses pengembangan,” ucap Tomobe.

Hanya, hingga kini belum ada informasi rinci tentang sumber tenaga yang akan diusung oleh CR-Z Type-R tersebut. Namun, yang pasti, versi Type R merupakan versi paling ‘hot’ diantara varian Honda CR-Z yang ada.

Sedangkan konsep Honda CR-Z Hybrid R yang dipamerkan di hajatan Speciality Equipment Market Association (SEMA) yang berlangsung 1 – 4 November lalu, disebut bertenaga 200 daya kuda.

Adapun Honda CR-Z hybrid versi reguler mengusung mesin bensin 1.500cc empat silinder i-VTEC yang dipadukan dengan motor listrik berteknologi khas Honda, Intregrated Motor Assist (IMA). Gabungan dua sumber tenaga itu mampu menyemburkan tenaga hingga 114 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi 145 Newtonmeter (Nm) pada 4.800rpm.

Mobil itu sempat dipamerkan di Indonesia saat berlangsungnya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, pada Juli 2010 lalu. Bahkan, pada pekan pertama Agustus tahun itu, mobil tersebut dipamerkan di Surabaya di ajang Honda Jazz Tuning Contest.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: