Posted by: gunuk | 11/12/2011

Layanan Sinar Sip,Dari Bank Sinar,Bekerja Sama Dengan Axis

Bank Sinar Harapan Bali (Bank Sinar) salah satu anak perusahaan Bank Mandiri dengan fokus di bisnis mikro dan UKM, bersama AXIS & IFC (anggota Kelompok Bank Dunia), meluncurkan layanan keuangan melalui mobile banking “Sinar Sip” yang akan memungkinkan masyarakat yang belum mendapatkan layanan perbankan tradisional untuk menikmati dan melakukan transaksi perbankan berbiaya rendah dan  mudah dengan memanfaatkan teknologi seluler.

Layanan Sinar Sip akan tersedia bagi seluruh nasabah Bank Sinar dan masyarakat umum, khususnya mereka yang tinggal di daerah pedesaan namun masih belum mendapatkan layanan perbankan tradisional untuk menikmati dan merasakan manfaat layanan keuangan dengan menggunakan teknologi seluler. Para nasabah akan merasakan  kenyamanan layanan perbankan diantaranya melakukan transfer baik antar Sinar Sip, antar rekening Bank Sinar maupun transfer tanpa harus memiliki rekening, pembelian pulsa, pembayaran transaksi (berbelanja), pembayaran tagihan, cek saldo, dan mengecek transaksi serta beragam kebutuhan perbankan sehari-hari tanpa harus secara fisik mendatangi kantor cabang Bank Sinar atau ATM Bank Sinar.

I G N Alit Asmara Jaya, Direktur IT dan Operation Bank Sinar menyampaikan, “Inisiatif layanan terbaru  kami ini sejalan dengan fokus bisnis kami yang bergerak di segment mikro dan UKM. Dengan diluncurkannya layanan Sinar Sip menegaskan komitmen kami untuk terus mengembangkan layanan perbankan mikro dan UKM khususnya kepada masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan karena kendala jarak, waktu maupun kondisi finansial mereka. Sinar Sip akan menjadi cikal bakal/embrio layanan branchless banking ke depannya dimana masyarakat dapat mengakses layanan tanpa harus datang ke kantor seperti saat ini serta dapat dilakukan kapan dan dimana saja.”

Syakieb A. Sungkar, Director Sales AXIS mengatakan, “Kami sangat senang menjadi bagian dari transformasi yang terjadi di sektor keuangan. Layanan mobile banking yang diluncurkan oleh Bank Sinar hari ini akan menjadi suatu langkah penting menuju implementasi layanan branchless banking di Indonesia.” Syakieb menambahkan, “Kerjasama yang kami lakukan dengan Bank Sinar ini juga bagian dari komitmen AXIS untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah yang ada di wilayah Bali dan sekitarnya.”

“Jaringan seluler berpotensi tinggi untuk memperluas jangkauan layanan perbankan kepada jutaan penduduk Indonesia yang saat ini belum terjangkau layanan perbankan,” ungkap Anastassiya Marina, IFC Program Manager, Access to Finance di Indonesia. “Sinar Sip akan menunjukkan bahwa mengembangkan layanan perbankan kepada masyarakat berpendapatan rendah dapat dilakukan secara berkesinambungan dan menguntungkan.”

Layanan mobile banking merupakan solusi efektif untuk meningkatkan penetrasi layanan perbankan di terutama dengan semakin pesatnya pertumbuhan penetrasi layanan seluler di Indonesia. Ini terbukti dengan lebih dari 200 juta masyarakat pengguna layanan seluler dibandingkan dengan jumlah nasabah perbankan yang hanya berkisar 80 juta orang di Indonesia. Layanan mobile banking juga menjadi solusi untuk menghadirkan layanan transaksi perbankan berbiaya rendah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: