Posted by: gunuk | 18/12/2011

Fitur baru Facebook Timeline,Silahkan Mencoba.

Timeline, perubahan besar-besaran pada halaman profil pengguna Facebook, sudah tersedia untuk semua orang. Bagaimana cara mendapatkannya?

Timeline pertama kali diperkenalkan pada konferensi F8, September 2011. Tak hanya menampilkan kesukaan dan informasi pribadi pengguna, Timeline menawarkan informasi yang lebih detail tentang “kehidupan” pengguna di Facebook.

Salah satu peranti utama Timeline adalah Activity Log. Ini bisa digunakan untuk mengatur apa yang muncul di Timeline, posting tertentu bisa dinaikkan statusnya dan posting lain bisa diturunkan atau bahkan dihilangkan.

Bagi pengguna yang mau mencobanya, Facebook menawarkan opsi tujuh hari percobaan. Ini untuk melihat dulu apakah Timeline yang muncul akan sesuai dengan keinginan pengguna.

Setelah tujuh hari, baru Timeline itu akan diaktifkan dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Atau, jika sudah merasa nyaman, boleh saja Timeline baru itu langsung diaktifkan.

Setelah sebelumnya hanya terbatas, Facebook Timeline kini sudah tersedia untuk semua pengguna situs jejaring sosial itu. Apa yang harus dilakukan saat pertama memakainya?

Facebook Timeline bisa diaktifkan melalui link berikut ini: http://www.facebook.com/
about/timeline
. Jika sudah diaktifkan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna seperti dijelaskan TheNextWeb:

1. Ganti Cover

Hal yang paling menarik perhatian dari Timeline adalah Cover. Ini merupakan sebuah gambar besar di bagian paling atas halaman Timeline pengguna.

Mereka yang baru saja mengaktifkan Timeline pasti akan mendapati bagian ini masih kosong. Untuk mengisinya, klik ‘Add a Cover’ dan pilih dari foto yang ada atau upload foto baru. Untuk menggantinya, klik ‘Change Cover’.

2. Informasi Anda

Layout yang baru ini menempatkan informasi penting soal pengguna pada sebuah boks khusus. Di sini bisa tampak pekerjaan, tanggal lahir, lokasi dan informasi pribadi lainnya.

Pastikan Anda sudah mengatur privasi profil Facebook Anda sesuai keinginan. Jika tidak, informasi di sini bisa dilihat oleh orang yang mungkin tak Anda inginkan.

Masih di area yang sama, di sebelah kotak biografi singkat itu akan terdapat kotak-kotak seperti Friends, Photos, Map, Likes, serta aplikasi Facebook lain yang Anda gunakan (jika ada).

Tepat di bawah semua itu adalah boks untuk meng-update status seperti yang biasa digunakan.

3. Lini masa

Timeline, garis waktu atau lini masa. Apa pun sebutannya, inilah fitur utama dari Facebook Timeline. Ditampilkan ini adalah semua update yang penting dalam dua kolom kiri dan kanan.

Jika dirunut terus ke bawah, akan tampak bahwa ini merupakan sebuah garis waktu. Karena di bagian paling bawah adalah kotak Born alias lahir yang mencantumkan tanggal lahir pengguna.

Fitur inilah yang jadi andalan berikutnya dari Facebook. Pengguna seakan digiring untuk menciptakan sebuah diary online yang mencatat perjalanan hidupnya.

Pengguna bisa menambahkan momen penting dalam hidup, misalnya Pernikahan atau Kelahiran Anak, dan lainnya ke garis waktu ini.

Foto yang sudah ada pun bisa disesuaikan dengan Timeline tersebut. Caranya, dengan mengubah tanggal foto, lewat opsi yang muncul di sisi kanan bawah saat melihat foto tersebut.

4. “Featured Post”

Salah satu fitur yang menarik adalah, setiap posting di lini masa tadi bisa diatur dengan mengklik tombol pengaturan di pojok kanan. Ini bisa digunakan untuk, misalnya, menghapus atau menyembunyikan post yang tak mau Anda tampilkan di sana.

Selain itu, kemampuan yang menarik adalah memberi Bintang alias mengubah sebuah posting jadi featured post. Ini akan menaikkan status posting menjadi ‘penting’ dan diletakkan di atas, dekat kotak biografi singkat pengguna.

Untuk mengaktifkan Timeline, kunjungi halaman berikut ini: http://www.facebook.com/about/timeline. Setelah sampai di halaman itu, scroll terus ke bawah untuk melihat tombol “Get Timeline”, di sana juga akan muncul siapa saja teman yang sudah mengaktifkannya.


Responses

  1. […] telah memperkenalkan fitur Timeline, perubahan besar-besar pada halaman profil Facebook, sejak September 2011. Sampai saat ini, […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: