Posted by: gunuk | 29/12/2011

Uban Di Usia Remaja

Kaget dan tak percaya, saat usia remaja seperti kita, bisa muncul uban di rambut! Jangan panik dulu, untuk mencegahnya, cari tahu dulu penyebabnya, karena tidak hanya kulit wajah yang bisa mengalami penuaan dini, tapi juga bisa terjadi pada rambut kita.

Hal itu bisa disebabkan karena polusi dan gaya hidup yang kurang sehat, sehingga uban bisa tumbuh sebelum saatnya.

Tidak sedikit, remaja yang sudah ada tumbuh uban. Berkurangnya aktivitas sel melanosit sebagai penghasil pigmen melanin (zat warna), bisa mengakibatkan kinerja sel ini jadi enggak maksimal untuk menyeimbangkan cepatnya pertumbuhan rambut setiap bulannya, yaitu 1 cm per bulan, sehingga dapat menyebabkan proses memutihnya rambut.

Penyebab lainnya adalah premature greying atau faktor gen dan keturunan. Jadi, bisa dibilang, kalau orang tua kita punya riwayat mengalami pertumbuh-an uban secara dini, maka ada kemungkinan, kita juga akan mengalami hal yang sama di usia muda. Nah, sebaiknya kita lakukan perawatan intensif sedini mungkin untuk memperlambat munculnya uban.

Selain faktor gen dan keturunan,ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya uban, yaitu:
kekurangan vitamin B6, penyakit diabetes, penyakit autoimun (sejenis: tiroid). Juga karena anemia pernisiosa (kekurangan darah), gangguan kelenjar gondok dan stres.

Zat kimia yang biasanya terdapat pada produk kecantikan rambut, seperti cat pewarna rambut atau sampo dengan kandungan sulfur yang tinggi.

Lakukan perawatan secara rutin mulai dari sekarang, kita bisa langsung rasakan khasiatnya ,caranya  :

1. Lakukan pijatan lembut dengan mengoleskan campuran air jeruk dan minyak kelapa, biarkan selama 15 menit, lalu dibilas. Lakukan seminggu sekali. Khasiatnya, uban bakal enggak mau muncul hingga usia 60 tahunan.
2. Ambil secangkir teh pekat dan tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, oleskan secara merata pada rambut dan beri pijatan lembut  pada kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo. Lakukan sebulan sekali yah.
3. Creambath yang disertai pijatan lembut di kepala dapat membantu sirkulasi darah pada kulit kepala jadi lancar dan akar rambut kita jadi lebih sehat.
4. Rambut juga perlu diberi nutrisi. Dengan menjaga pola makan yang bergizi, akan menambahkan nutrisi penting yang terkandung dalam makanan sehari-hari, seperti:

 * Vitamin A, membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar dan sehat. Rajin deh, mengkonsumi sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
* Vitamin B, yang terkandung pada sayuran hijau, gandum, beras, hati ayam, hati sapi, sereal, yoghurt, dan pisang, berkhasiat untuk melancarkan produksi minyak yang berfungsi menjaga kelembaban dan kesehatan rambut.

* Vitamin E, berfungsi untuk menjaga agar uban enggak cepat muncul akibat sirkulasi darah tidak lancar. Sehingga perlu yang namanya rangsangan sirkulasi darah pada kulit kepala.
* Zat besi, Kita bisa temukan dalam daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut.
* Protein nabati, pada biji-bijian, khususnya kedelai, akan menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap berkilau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: