Posted by: gunuk | 12/01/2012

Rossi Optimis Tahun Ini Ducati lebih baik

Valentino Rossi baru melihat mesin Ducati baru GP12 versi virtual yang ada di komputer ketika mendatangi pabrik tim tersebut di Bologna. Meskipun demikian, “The Doctor” langsung merasa yakin perubahan radikal pada Desmosedici itu akan memberikan dampak signifikan sehingga Ducati bakal lebih kompetitif pada musim 2012.

Rossi akan mendapat kesempatan pertama untuk mengevaluasi Desmosedici GP12 di Sepang, Malaysia, pada 31 Januari mendatang. Pasalnya, saat itulah hari pertama tes resmi MotoGP 2012.

Motor baru tersebut akan menampilkan versi modifikasi dari rangka konvensional aluminium kembar yang dipakai Rossi pada akhir musim 2011. Diyakini, sudut-V Ducati baru mesin 1.000 cc ini sudah diperpendek untuk membantu sentralisasi massa dan distribusi berat.

Musim lalu, Rossi dan rekan setimnya, Nicky Hayden, kerab mengeluh tentang masalah rasa pada front-end serta kesulitan mengendalikan motor tersebut. Hasil yang diraih dua mantan juara dunia itu pun sangat memprihantikan karena mereka masing-masing hanya satu kali naik podium ketika finis di peringkat ketiga.

Berbicara saat jumpa pers dalam peluncuran Ducati 2012 di Madonna di Campiglio di Italia pada pagi tadi, Rossi mengatakan bahwa generasi terakhir motornya jauh berbeda dengan prototipe GP12 yang ditungganginya dalam tes post-season di Valencia bulan November lalu. Pebalap berusia 32 tahun ini mengaku sangat penasaran menggunakan mesin baru di Malaysia pada 31 Januari mendatang.

“Saya pikir, tentu saja tes pertama akan sangat penting. Motor akan berbeda dibandingkan dengan tahun lalu sehingga tidak mungkin kompetitif dari tes pertama karena saya pikir kami akan mendapatkan beberapa informasi bagus untuk persiapan menghadapi balapan pertama. Kembali ke tahun 2011, kami sudah berusaha memperpendek waktu pengembangan GP12. Kami sudah melihat pada motor lama di mana kami memiliki banyak masalah, tetapi sayang kami juga memiliki banyak masalah pada GP12. Jadi, kami mulai bekerja untuk memecahkan persoalan yang ditemui dan kami memiliki sebuah hibrid antara dua motor.”

“Sekarang Filippo Preziosi sudah memodifikasi dan mendesain secara total sebuah motor baru untuk memecahkan masalah yang kami hadapi selama musim lalu. Saya tahu mereka sudah bekerja keras dan saya pergi mengunjungi mereka dan saya sudah melihat motor baru di komputer. Tampaknya, motor itu sangat bagus. Jadi, kami sangat penasaran untuk segera mencobanya supaya bisa memahami bagaimana kerjanya, serta melihat jika kami bisa memecahkan masalahnya dan menggeser keseimbangan motor.

“Saya tidak khawatir, tetapi optimistis dan yakin serta tak sabar untuk mencobanya. Ketika sudah mencobanya, saya akan lebih memahami secara baik di mana kami berada. Musim lalu kami mengubah motor pada pertengahan musim, tetapi tahun depan segalanya akan berjalan lebih terencana.”

sumber:MCN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: