Posted by: gunuk | 13/01/2012

Persaingan Samsung Dengan Nokia di 2012 Siapa Pemenangnya?

Seiring dengan kesuksesan yang diraihnya di kancah persaingan pasar ponsel, Samsung dengan penuh percaya diri mengklaim bahwa pihaknya akan menjadi pembuat ponsel terbesar di dunia pada tahun 2012 ini dan akan mengakhiri kejayaan Nokia yang telah 14 tahun memimpin pasar ponsel global.

Di kuartal ketiga 2011 lalu, vendor asal Korea itu berhasil menjadi pembuat smartphone nomor satu dunia dan dengan cepat membangun supremasi melalui desain ramping dan line-up produk yang beragam. Sementara para pesaingnya, seperti HTC, Nokia, dan RIM kini tengah berjuang keras untuk memikat konsumen.

Dikutip PULSAonline via reuters, Chief Executif Samsung, Choi Gee-sung mengatakan bahwa perusahaannya telah menyalip Nokia dalam hal pendapatan pada laporan terakhir kuartalan dan meyakini bahwa pengiriman ponselnya tahun ini akan melebihi vendor asal Finlandia, Nokia.

Ekspektasi penuh percaya diri Samsung ternyata sejalan dengan perkiraan beberapa analis, termasuk analis dari Royal Bank of Scotland, yang berani bertaruh bahwasanya vendor asal Korea itu akan membangun momentum dari jatuhnya pangsa pasar dan pendapatan Nokia beberapa tahun terakhir untuk menyalipnya pada tahun 2012.

Berdasarkan jajak pendapat terbaru yang diadakan Reuters, Nokia diperkirakan menjual 418 juta unit ponsel pada tahun 2011 lalu, sementara Samsung sebanyak 320 juta unit. Selisih jumlah tersebut diperkirakan akan menyempit tahun ini menjadi 388 juta versus 359 juta unit.

“Samsung sangat cepat mendekati Nokia. Strategi smartphone mereka telah terbukti tepat dan pada ponsel fitur mereka juga tumbuh dengan cepat di pasar,” kata analis IDC, Francisco Jeronimo.

“Samsung menjadi mereka yang diakui dan keusksesan smartphone mereka telah membantu bisnis ponsel fitur di beberapa wilayah di mana smartphone masih terlalu mahal,” lanjutnya.

Apakah Samsung akan menyalip Nokia sebagai pembuat ponsel terbesar di dunia tahun ini. Kita tunggu saja.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: