Posted by: gunuk | 15/01/2012

Kapal Pesiar Mewah “Costa Concordia” Tabrak Karang

Kapal pesiar Costa Concordia tenggelam setelah menabrak karang di Lepas Pantai Italia. Enam orang tewas dan ribuan penumpang bersama awak kapal berhasil dievakuasi.

Kapal mewah itu berangkat dari pelabuhan Civitavecchia dekat Roma dan dijadwalkan mengunjungi Palermo, Cagliari, Palma, Barcelona dan Marseille. Diperkirakan jumlah penumpang sebanyak 3.200 orang, termasuk wanita hamil dan anak-anak. Tercatat ada sekitar 1.000 awak kapal yang juga berhasil dievakuasi.

Wisatawan dari Perancis, Italia, Jerman dan Inggris menyelamatkan diri dengan menggunakan sekoci ketika kapal menabrak karang setelah dua jam meninggalkan pelabuhan. Beberapa penumpang melompat ke laut dan berenang ke pantai di dekat pulau Giglio, lepas pantai Tuscan.

Seorang penumpang menceritakan saat itu sekitar pukul 20.00 waktu setempat, terjadi ledakan keras saat penumpang sedang menikmati makan malam. Melalui pengeras suara, petugas kapal mengatakan kapal mengalami gangguan listrik sebelum akhirnya meminta semua orang mengenakan pelampung.

“Itu seperti kapal Titanic. Anda sebaiknya mengatakan langsung bahwa kapal itu menabrak sesuatu dan bukan dengan mengatakan terjadi gangguan listrik,” kata seorang penumpang wanita.

Salah seorang penumpang lainnya, Fabio Costa mengatakan setelah alarm darurat berbunyi, orang-orang mulai panik dan saling mendorong untuk ke dalam sekoci. “Banyak orang jatuh menuruni tangga dan terluka,” terangnya.

Perusahaan Costa Crociera yang memiliki kapal Costa Concordia mengatakan belum mengetahui penyebab terjadinya insiden itu dan penyelidikan masih sedang berlangsung.

Kini, kapal tersebut berada dalam posisi miring dan terendam di perairan dekat Pulau Gigilo, kawasan perairan Italia.

Sementara itu, sekitar 4,000 penumpang dan awak kapal sejak Sabtu dini hari telah dievakuasi dan diselamatkan ke pulau tersebut. Sejauh ini masih simpang-siur jumlah korban yang meninggal.

Kendati begitu, laporan sementara menyebutkan, sedikitnya tiga orang meninggal dunia. Sebelumnya, laporan awal menyebutkan ada enam atau delapan orang yang tewas.

Salah-seorang yang tewas, menurut petugas keamanan yang dikutip media setempat, adalah seorang penumpang berusia 65 tahun. Kemungkinan jumlah korban yang meninggal bisa bertambah terus.

Sejumlah saksi mata melaporkan, petugas penyelamat menemukan tiga mayat di perairan dekat bangkai kapal yang kandas. Sejauh ini belum diketahui penyebab kapal pesiar mewah itu kandas.

Sekoci

Sejumlah penumpang mengatakan, pada Jumat, ketika makam malam, terdengar bunyi ledakan keras. Kemudian kapal dilaporkan bergetar, berhenti dan terjadi pemadaman aliran listrik. “Mirip yang dialami kapal Titanic. Kapal seperti menabrak sesuatu,” kata seorang penumpang perempuan.

Lantaran insiden itu, penumpang pun panik. Awak kapal memerintahkan 4.000 penumpang mengenakan rompi dan menaiki sekoci.  Sejumlah saksi mata melaporkan, beberapa penumpang memilih meloncat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Kantor Kedutaan Besar Indonesia di Roma mengatakan ada 170 WNI yang selamat dalam peristiwa kecelakaan kapal Costa Concordia di lepas pantai Tuscan, Italia.

“Ada 170 orang WNI dan semuanya dalam kondisi selamat,” kata Kepala Penerangan KBRI di Roma, Musurifun Lajawa kepada Wartawan BBC Indonesia, Andreas Nugroho.

“Mereka semuanya adalah anak buah kapal dan sekarang mereka ditempatkan di sebuah penampungan di kota Grosseto sekitar tiga jam dari Roma.”

Musrifun mengatakan diantara ke-170 orang yang selamat itu ada dua orang yang mengalami luka dan satu diantaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Ada dua orang yang luka satu patah tulang rusuk dan satu orang mengalami luka pada tangannya. Satu orang yang mengalami luka pada tangan sudah kembali ke tempat penampungan.”

Musrifun menambahkan bagi warga Indonesia yang ingin mengetahui kondisi kerabat mereka di kapal ini bisa menghubungi Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Italia.

“Mereka bisa menghubungi kantor KBRI di nomor +39-06-42009101,” paparnya.

Menurut Musurifun perusahaan kapal pesiar itu akan segera memulangkan terlebih dulu para awak kapal ini.

“Perusahaan katanya akan memulangkan dulu mereka ke Indonesia tapi mereka masih akan meminta agar perusahaan memberikan hak mereka dahulu seperti pembayaran gaji.”

Musurifun juga mengatakan KBRI di Roma akan membantu membuatkan surat perjalanan laksana paspor, SPLP kepada WNI yang selamat dari kejadian itu.

“Mereka banyak kehilangan paspornya jadi kita akan bantu pengurusan SPLP,” kata Musurifun.

Sebelumnya kapal pesiar Costa Concordiayang berukuran raksasa dan membawa lebih dari 4.000 penumpang kandas di lepas pantai Tuscan, Italia, pada Jumat (14/01) malam waktu setempat.

Menurut Kuasa Usaha sementara KBRI Roma Priyo Iswanto, saat dihubungi Kompas, Minggu (15/1/2012), total jumlah WNI yang ada di kapal pesiar itu kebanyakan sebagai anak buah kapal, berjumlah 170 orang.

Sampai berita ini dibuat, hanya ada dua WNI yang diketahui terluka dan dirawat di rumah sakit terdekat, RS Santo Stefano. Mereka adalah I Gusti Swartana, sudah dibolehkan keluar dari RS, dan Wijaya Kadek Agus, yang cedera di bahu dan masih dalam perawatan.

Kapal pesiar ini dilaporkan berangkat dari pelabuhan di dekat kota Roma, Italia, dan dijadwalkan mengunjungi Palermo, Cagliari, Palma, Barcelona, dan Marseille. Tiket kapal pesiar itu berkisar antara £ 400 hingga melebihi £ 1.200 untuk kelas utama

sumber:dari berbagai sumber

Advertisements

Responses

  1. […] Kuasa Usaha Sementara KBRI Roma, Priyo Iswanto kemarin di Hotel Hilton Garden, Roma telah menyerahkan secara simbolis Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) kepada ABK kapal pesiar Costa Concordia. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: