Posted by: gunuk | 28/01/2012

Meningkatkan Keamanan Facebook

Ada lima upaya pencegahan bagi pengguna Facebook untuk meningkatkan keamanan dalam akunnya. Soalnya, jejaring sosial Facebook yang memiliki 800 juta akun ini kerap dimanfaatkan penjahat cyber untuk menyebarkan berbagai program jahat.

ZoneAlarm, penyedia software keamanan IT, menyatakan lima upaya menangkal virus ini. Yang pertama, menggunakan password yang kuat, tidak menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal, waspada terhadap apa pun yang dikirim oleh teman, tidak mengklik link mencurigakan, serta menyalakan fitur HTTS:// di Facebook yang berfungsi untuk mengenskripsi data.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan masuk ke “account setting”, mengklik pilihan “security” yang terletak di bagian kiri atas, lalu mengaktifkan pilihan “secure browsing'”.

Persoalan keamanan di Facebook memang kerap menjadi sorotan. Baru-baru ini, misalnya, diketahui bahwa sebuah “cacing” keluaran lama, Ramnit, memiliki cara baru untuk membobol sebuah akun. Cacing ini bertujuan mencuri data finansial ini tersebar melalui jejaring sosial, bahkan perusahaan keamanan It, Seculert, menyatakan setidaknya 45 ribu akun telah berhasil dicuri.

Saat ini satu dari lima link yang terdapat di Facebook mengandung virus. Setiap harinya empat juta pengguna Facebook menerima spam dan 600 ribu percobaan pembobolan akun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: