Posted by: gunuk | 09/02/2012

Masalah Ketombe Dan Cara Mengatasinya

Setiap orang mempunyai kecenderungan pengelupasan kulit di kepala karena ini merupakan proses normal rontoknya sel-sel kulit paling atas yang mati. Namun bila serpihan itu cukup banyak dan tampak jelas pada rambut dan baju, barulah itu yang dikenal sebagai ketombe.

Akan tetapi ketombe tidak selalu disebabkan lepasnya permukaan kulit kepala yang kering atau kurang bersihnya kita mencuci rambut. Ada sejenis jamur Malassezia ovalis yang menimbulkan rasa gatal dan terus membuat sel kulit paling atas pada kepala mengelupas. Jamur lain, Pitysporum ovale, juga betah tinggal di kulit kepala. Bila jamur ini mengiritasi sel-sel maka sel akan berproduksi lebih cepat daripada biasanya.

Selain itu, seborrheic dermatitis, radang bawaan pada bagian permukaan kulit kepala dianggap sebagai salah satu penyebab umum ketombe. Bila kulit dalam keadaan kering dan meradang, akan timbul serpihan-serpihan kecil baik di kulit kepala, wajah, maupun di belakang telinga.

Cara mengatasi ketombe:

   1. Tanpa Obat

Obat sederhana menghilangkan ketombe adalah bersabar. Saat menggunakan sampo, apa pun mereknya, diamkan minimal sekitar 1 – 5 menit. Cuci rambut senantiasa dengan sampo biasa. Sambil dicuci, kepala dipijit-pijit dengan perlahan untuk membersihkan serpihan kulit. Setelah itu bilaslah dengan seksama. Bila ketombe membandel, gunakan sampo yang mengandung obat antiketombe.

Bila ingin mencoba ramuan tradisional, bisa digunakan beberapa lembar daun jarak (Ricinus communis, L) yang ditumbuk halus, lalu dioleskan di kulit kepala sebelum keramas.bisa juga perasan jeruk nipis.Atau keramas dengan air yang digunakan merendam kangkung segar selama semalam.
2. Obat bebas
Gunakan sampo yang mengandung seng pirotonin, asam salisilat, ter arang, atau selenium sulfida. Zat-zat serbaguna ini juga bersifat antiseptik, antijamur, antigatal, dan mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit kepala yang merajalela.
Boleh juga menggunakan sampo yang mengandung ketokonazol untuk membasmi jamur penyebab ketombe yang ada di kepala.

3. Tindakan dokter
Biasanya dokter mengobati ketombe dengan menggunakan losion kortison atau sampo khusus. Jika obat bebas tidak mempan, dokter bisa membuatkan reseo dengan daya yang lebih besar, yaitu dengan kekuatan ketokonazol 2% (1% melebihi obat bebas).

Bila rasa gatal berlebihan disertai warna kemerahan, dokter akan memberikan resep dengan sedikit bahan kortikosteroid. Ini sangat efektif untuk bentuk ketombe yang bukan karena jamur. Ini hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter dan hanya boleh dipakai selama 2 minggu karena jika dipergunakan dalam waktu lama steroid dapat menimbulkan kerusakan kulit dan meningkatkan infeksi.

Advertisements

Responses

  1. ketombe memang jadi masalah semua orang, apalagi kalau lagi deketin cewek.. jadi minderr…. hahaaa…

    saya juga seorang blogger, sedang senang menulis masalah kesehatan rambut. kalau anda berkenan, saya butuh masukan dan sarannya mengenai tulisan tebaru saya yaitu tips mengatasi Ketombe.

    Saya tunggu kunjungan dan komentar baliknya ya !

    *sesama blogger selalu memberikan kunjungan dan komentar balik. 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: