Posted by: gunuk | 28/02/2012

Costa Allegra Terbakar Di Lepas Pantai Seychelles

Sebuah kapal pesiar Italia terapung-apung sekitar 260 mil di lepas pantai Seychelles setelah mengalami kebakaran, tapi semua penumpangnya selamat, lapor kantor berita ANSA, Senin (27/2).

Kapal itu terapung-apung tapi si jago merah telah dipadamkan, dan tak ada laporan mengenai korban jiwa atau cedera di antara 636 penumpang dan 413 anggota awak, kata operator kapal tersebut, Costa Cruise, di dalam satu pernyataan.

Kebakaran itu dilaporkan berasal dari ruang mesin kapal Costa Allegra, yang memiliki panjang 187 meter, dan petugas pemadam berupaya mencegah kebaran itu menyebar ke bagian lain kapal. Listrik di kapal tersebut padam. Kapal itu kini tak memiliki daya pendorong dan menunggu ditarik, kata beberapa sumber kepada ANSA.

Pusat operasi Penjaga Pantai di Roma telah mengirim tiga kapal komersial dan dua kapal nelayan untuk melakukan pertolongan, sementara pemerintah Seychelles telah mengirim dua kapal tunda dan satu pesawat.

“Tak ada keprihatinan mengenai keselamatan bagi kapal Costa Allegra di lepas pantai Seychelles,” kata konsul Italia di kepulauan  di Samudra Hindia tersebut, Claudio Izzi, sebagaimana dikutip ANSA.

“Kobaran api sudah dipadamkan. Kapal itu telah berangkat dari Mauritius dalam pelayaran ke Seychelles, tempat kapal tersebut dijadwalkan tiba besok pukul 08.00,” katanya.

Kapal pesiar itu dimiliki oleh perusahaan Costa Cruises yang juga mengoperasikan Costa Concordia. Concordia karam di perairan Italia Januari lalu dan menewaskan 32 orang.

Komandan Cosimo Nicastro dari satuan pengawas pantai Italia mengatakan bahwa kapal nelayan berbendera Prancis itu bisa membantu awak kapal pesiar berkomunikasi dengan kapal penolong jika mereka kehabisan daya generator.

“Kita bisa kehilangan komunikasi kapan saja karena daya listrik darurat tinggal sedikit,” kata Nicastro.

Menurut juru bicara perusahaan itu, Kapten Giorgio Moretti, Costa Cruises mengatakan bahwa Allegra berada dalam kondisi yang baik.

Moretti mengatakan pemberitahuan telah dikirim pada dua pertiga keluarga penumpang berdasarkan nomor kontak darurat yang terdaftar.

Allegra mengirim sinyal bahaya ketika kebakaran terjadi, dan para penumpang serta awak yang tidak membantu proses pemadaman api berkumpul di tempat yang aman.

Moretti mengatakan sebuah helikopter akan mengirim makanan untuk para penumpang dan awak Selasa pagi.

Hingga saat ini belum diputuskan apakah para penumpang akan dipindahkan ke kapal-kapal lain, atau tetap berada di geladak hingga kapal ditarik ke perairan dangkal

Pada Januari, satu kapal pesiar lain dari perusahaan yang sama, Costa Concordia, tenggelam di pantai barat Italia sehingga menewaskan sedikitnya 25 orang.

Sumber :
Ant, Xinhua, Oana,BBC
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: