Posted by: gunuk | 20/03/2012

Penampilan Desmosedici GP12

Ducati meluncurkan penampilan motor barunya, Desmosedici GP12, yang diharapkan bisa membawa Valentino Rossi kembali ke jalur kemenangan pada MotoGP 2012 ini. Peluncuran “kostum” motor 1.000 cc tersebut dilakukan pada Senin (19/3/12), oleh Rossi dan rekan setimnya, Nicky Hayden, melalui sebuah event spesial pada jejaring sosial Facebook milik sponsor Ducati, TIM.

Tim yang bermarkas di Bologna ini mengalihkan peluncurannya secara digital setelah gagal memamerkan Desmosedici GP12 dalam acara peluncuran resmi nan spektakuler di Madonna di Campiglio, Italia, awal Januari lalu.

Dibandingkan dengan warna musim 2011, untuk penampilan barunya ini, Ducati lebih menonjolkan warna putih di bagian depan dan samping fairing, plus strip hijau, yang mirip bendera Italia. Seperti biasa, motor Rossi masih mengandung unsur warna kuning, yaitu pada angka 46 yang merupakan nomor “keramat”nya, sedangkan pada angka 69 milik Hayden masih tetap dominan warna putih.

Pembuatan motor Ducati tahun ini tidak tepat waktu, menyusul perombakan radikal yang dilakukan pada mesin. Harapannya, motor baru ini bisa mengembalikan performa Rossi dan Hayden, yang benar-benar terpuruk sepanjang musim 2011, yang merupakan era terakhir mesin 800 cc.

Motor ini baru akan diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya selama uji coba resmi pra-musim terakhir di Jerez, Spanyol, akhir pekan ini, yang dimulai hari Jumat (23/3/12). Setelah itu, Ducati akan mempersiapkan diri menghadapi seri perdana 2012 yang berlangsung di Qatar, 8 April mendatang.

Menurut Manajer Umum Corse Ducati, Filippo Preziosi, Desmosedici GP12 yang untuk pertama kalinya menggunakan rangka aluminium, menggunakan mesin kapasitas 1.000 cc, dan sudah memenuhi aturan yang digariskan. Acara peluncuran ini disaksikan secara live online oleh 96.000 pengguna internet.

Pada musim 2011, Rossi dan Ducati mengalami kesulitan sehingga mereka benar-benar tenggelam oleh persaingan Honda dan Yamaha. Total, Rossi dan rekan setimnya, Nicky Hayden, masing-masing hanya satu kali naik podium. Bahkan tahun lalu menjadi musim terburuk sepanjang karier Rossi di ajang grand prix karena untuk pertama kalinya dia mengakhiri sebuah kompetisi dengan tidak pernah meraih kemenangan.

Berbagai persoalan dikeluhkan oleh juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut. Dua hal yang paling krusial adalah masalah front-end dan kesulitan mengendalikan motor. Inilah hal yang berusaha diatasi oleh tim yang bermarkas di Bologna tersebut, dengan meluncurkan GP12, yang memakai rangka aluminium serta penyempurnaan pada sistim distribusi berat.

Sebelumnya, motor ini sudah digunakan dalam uji coba privat di Jerez. Akan tetapi, tak ada hal yang terungkap tentang motor yang oleh bos tim, Felippo Preziosi, disebutkan “90 persen baru”.

Berikut spesifikasi Desmosedici GP12

Mesin: Liquid-cooled, 90 derajat V4 4-tak, desmodromic DOHC, empat katup per silinder atau total 16 katup
Kapasitas: 1.000 cc
Tenaga maksimum: Lebih dari 230 hp (tenaga kuda)
Kecepatan maksimum: Lebih dari 330 km/h (205 mph)
Transmisi: Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final drive
Carburasi: Indirect Magneti Marelli electronic injection, four throttle bodies with injectors above butterfly valves. Throttles operated by EVO TCF (Throttle Control & Feedback) system
Bahan bakar: Shell Racing V-Power
Pelumas: Shell Advance Ultra 4
Pengapian: Magneti Marelli
Knalpot: Termignoni
Final Drive: D.I.D Chain
Rangka: Aluminium
Suspensi: Öhlins inverted 48mm fork and Öhlins shock absorber, adjustable for preload, compression and rebound damping
Ban: Bridgestone 16.5″ front and rear
Brakes: Brembo, two 320mm carbon front discs with four-piston callipers. Single stainless steel rear disc with two-piston calliper
Berat kering: 157 kg (346 lbs.)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: