Posted by: gunuk | 21/03/2012

Kehebohan Dari Serangga “Tomcat”

Tomcat jadi buah bibir di jejaring sosial. Penyebabnya, serangga cantik berwarna oranye ini menyerbu sejumlah kawasan di Surabaya. Hewan bernama ilmiah Paederus riparius ini membuat warga di sejumlah permukiman padat penduduk terserang gatal-gatal.
“Dia masuk jenis kumbang yang memakan hama padi,” ujar peneliti serangga dari Institut Pertanian Bogor.
Kumbang Rove itu biasa hidup di sawah. Memamah wereng, kepik, dan hewan pengganggu padi lainnya. tomcat berkembang biak di tempat lembap. “Larva dan telurnya di dalam tanah,”
Lalu ketika besar dan menjadi kumbang dia berada di luar terrestrial-nya. “Dia terbang dan mencari sinar,”. Selama siang hari tomcat aktif mencari makan. Menjelang senja, dia mulai mencari cahaya sembari mencari makanan.
Kenapa serangga berwarna oranye ini akhirnya masuk perumahan? tomcat bergeser ke permukiman penduduk karena masa panen sudah selesai, sehingga ia perlu mencari sumber makanan baru. Apalagi di permukiman penduduk banyak cahaya yang menarik perhatian serangga ini. “Pada umumnya semua serangga suka cahaya,” .
Tercatat hampir 60 warga terserang gatal-gatal. Tomcat sudah menyerang warga Surabaya dari tahun lalu. Tapi tahun ini serangannya meluas.

Serangga yang masuk jenis kumbang itu memiliki mekanisme pertahanan diri bernama paederin. Nama yang serupa nama aslinya, Paederus riparius. Paederin, adalah hemolimfa (darah serangga) tomcat. “Cairan yang membuat gatal kalau disentuh,”.

Sehingga kalau tersentuh tomcat, tak usah buru-buru diusir atau dikibaskan. “Gunakan kertas atau alat lain untuk menyingkirkan dari tubuh,”. Sebab sekali menyentuh, paederin akan menempel di tubuh dan membuat gatal.

Paederin juga bisa bertahan lama di baju atau seprai yang terkena tomcat. Jadi meski tidak menempel di tubuh, racun bisa membuat gatal dari kain yang terkena paederin. “Asal tak terganggu, tomcat tak akan mengeluarkan paederin,”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: