Posted by: gunuk | 22/03/2012

Pawai Ogoh-Ogoh Sehari Menjelang Nyepi

Masyarakat Hindu Bali akan merayakan Hari Raya Nyepi pada Jumat 23 Maret 2012. Hari raya di mana Pulau Dewata itu akan gelap gulita.

Sehari sebelum Nyepi, masyarakat Bali akan mengarak beramai-ramai ogoh-ogoh keliling kota. Ogoh-ogoh yang merupakan simbol mahluk jahat itu akan dibakar setelah diarak keliling kota.
Lazimnya, ogoh-ogoh dibuat dari bambu dilapisi kertas dan kain

Perayaan Nyepi bisa menjadi sebuah ruang publik untuk mengekspresikan kreativitas pemuda dan pemudi di Bali yang dituangkan dalam pembuatan ogoh ogoh yang akan memeriahkan hari pengerupukan yang jatuh pada 1 hari sebelum hari raya nyepi. Atraksi ogoh ogoh akan bisa kita saksikan di berbagai belahan di Pulau Bali

Ogoh-ogoh sering pula digambarkan dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di Mayapada, Syurga dan Naraka, seperti: naga, gauda,gajah Widyadari, bahkan Dewa. Dalam perkembangannya, ada yang dibuat menyerupai orang-orang terkenal, seperti para pemimpin dunia, artis atau tokoh agama bahkan penjahat. Terkait hal ini, ada pula yang berbau politik atau SARA walaupun sebetulnya hal ini menyimpang dari prinsip dasar Ogoh-ogoh. Contohnya Ogoh-ogoh yang menggambarkan seorang teroris.
Dalam fungsi utamanya, Ogoh-ogoh sebagai representasi Bhuta Kala, dibuat menjelang Hari Nyepi dan diarak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan, sehari sebelum Hari Nyepi.

pada acara pengerupukan yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Maret 2012. Pengerupukan yang termasuk dalam rangkaian hari raya nyepi memiliki makna menetralisir segala pengaruh jahat dan pengaruh yang tidak baik sehingga umat hindu di Bali bisa melaksanakan Catur Bharata Penyepian dengan baik.

Bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan atraksi ogoh ogoh di Bali, untuk bulan ini bisa disaksikan pada tanggal 22 Maret 2012 di sore hari menjelang petang.

 


Responses

  1. bagus sekali g ogoh ogoh nya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: