Posted by: gunuk | 23/03/2012

Suasana Hari Raya Nyepi di Bali

Sejak pukul 06.00 Wita tadi, tak terlihat aktivitas warga ke kantor, pasar, sekolah, atau tempat-tempat keramaian lainnya. Di jalanan pun tak terdengar suara bising dan bau asap knalpot kendaraan umum ataupun pribadi.

Ya, Pulau Bali yang biasanya bergeliat sebelum matahari terbit, pagi ini bagai kota mati tak berpenghuni. Tak tampak canda tawa anak-anak di sekolah, tak ada suara ibu-ibu tawar-menawar di pasar, teriakan calo mencari penumpang bus di Terminal Ubung hari ini pun tak terdengar. Bali sedang beristirahat sejenak, mengusir penat dari aktivitas dan kesibukan duniawi.

Umat Hindu sedang khusyuk menjalankan Catur Brata Penyepian, yakni tidak menyalakan api (Amati Geni), tidak bekerja (Amati Karya), tidak bepergian (Amati Lelungan), dan tidak bersenang-senang (Amati Lelanguan). Sebagian umat Hindu mengisi waktu Nyepi ini dengan bersembahyang di rumah.

Anjungan tunai mandiri (ATM) di Bali berhenti beroperasi selama tiga hari terkait Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934.

Hanya ATM yang terdapat di kantor cabang besar perbankan yang boleh beroperasi secara penuh. Sementara ATM di kantor cabang pembantu, di pusat perbelanjaan, areal perhotelan, dan tempat keramaian lainnya dimatikan mulai Kamis pukul 10.00 Wita.

Penutupan ATM itu berlaku sampai Sabtu 24 Maret 2012 pukul 10.00 Wita.

Keheningan Bali akan berlangsung hingga besok Sabtu pukul 06.00 Wita. Seusai Nyepi, seluruh sendi kehidupan bangun kembali dari tidurnya dan bergulir bagai roda yang berputar


Responses

  1. ogoh2 bisa dijadikan iven pariwisata tahunan untuk menambah devisa negara asal dikelola dgn baik demi kepentingan bersama


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: