Posted by: gunuk | 14/05/2012

Roti Lapis Atau Sandwich

Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan bergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit mayonais, mentega, mararin atau minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

Di negara dengan penduduk yang bukan pemakan nasi, sandwich biasanya dibawa ke sekolah atau ke kantor di dalam kotak yang disebut lunchbox atau di dalam kantong kertas berwarna coklat yang disebut brown bag (sandwich bag) untuk dinikmati sebagai makan siang.

Sandwich juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai camilan atau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (soup-and-sandwich), selada (salad-and-sandwich), keripik kentang, kentang goreng, acar, atau selada kol

Ketika John Montagu -yang merupakan Earl IV di kota Sandwich, Inggris- meminta daging diselipkan di potongan roti 250 tahun lalu, dia mungkin tidak menduga menu itu menjadi makanan global.Dia meminta jenis makanan itu supaya bisa makan sambil tetap meneruskan permainan kartu dan teman-teman main kartunya meminta ‘yang sama dengan Sandwich’ -merujuk kepada pesanan Earl IV Sandwich.Begitulah kisah kelahiran sandwich, makanan cepat berupa roti yang kini diisi dengan daging, keju, udang, maupun sayur dan ditemukan di hampir semua kota-kota besar dunia, khususnya di Eropa dan Amerika.

Lembaga pemerhati sandwich, BSA, mengatakan catatan pertama tentang makanan itu ditemukan pada tahun 1762 di Sandwich, sebuah kota pantai di kawasan Kent, Inggris selatan.Kota tersebut pada tahun 1660 diserahkan kepada Sir Edward Montagu -seorang komandan Angkatan Laut Inggris yang terkenal- dan sejak saat itu diwariskan kepada keturunannyaPerayaan 250 tahun sandwich ini dirayakan dalam Festival Perayaan Sandwich pada Sabtu 12 Mei dan Minggu 13 Mei di kota Sandwich, yang dipilih oleh Sir Edward Montagu sebagai hadiah untuknya.

Montagu sebenarnya mendapat tawaran Sandwich atau kota pelabuhan lain, Portsmouth, namun memilih Sandwich yang saat itu merupakan pelabuhan penting walau sekarang Portsmouh yang berkembang menjadi kota besar.

“Ketika mendapat gelar bangsawan, dia juga bisa memilih Portsmouth walau memilih Sandwich -hari ini mungkin bisa jadi kita makan portsmouth,” tutur Steve Laslett, salah seorang panitia Festival Perayaan Sandwich.Adapun penemu sandwich, yang merupakan keturunan keempat Montagu terkenal sebagai karakter yang unik.

“Dia menjabat pimpinan pertama Angkatan Laut Inggris selama tiga kali namun banyak bergaul dan dalam beberapa kesempatan main kartu sampai larut malam,” tutur Laslett.Tidak ada catatan tentang sandwich sebelum John Montagu memintanya.Pada abad ke-15 dan ke-16, amat tidak biasa jika orang makan dengan menggunakan tangan seperti yang dilakukan oleh John Montagu karena mau makan tapi sambil tetap main kartu.

“Anda makan sandwich merupakan sebuah kejutan yang informal. Dia seorang pria yang berani dengan makan seperti itu, bertentangan dengan latar belakang sosialnya,” kata Sam Bompas, salah seorang ahli makanan di Inggris.

Acara makan jelas bukan sekedar mengisi perut, tambah Bompas, tapi sebuah ritual dengan barisan pelayan yang menyajikan berbagai jenis makanan yang dihidangkan sesuai dengan urutannya yang jelas.Bompas menegaskan tidak ada catatan tentang makanan berupa daging yang diselipkan di antara dua potong roti sebelum John Montagu memintanya pada tahun 1762.Pada hari puncak perayaan Minggu 13 Mei, Earl XI Sandwich -yang memiliki nama yang sama dengan Earl IV, John Montagu- akan menggelar jamuan makan siang di kota Sandwich.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: