Posted by: gunuk | 07/06/2012

Pesawat Terbang Menjadi Rumah Tinggal

Sebelumnya mungkin Anda telah mendengar mengenai orang yang berhasil mengubah sebuah pesawat terbang menjadi tempat hunian semisal hotel. Sebut saja hotel 747 Jumbo jet hostel yang ada di Stockholm atau Boeing 707 Plane Hotel di Kosta Rika. Namun apa yang dibuat oleh pria asal Oregon, AS, ini bisa dibilang paling menarik yang pernah dilihat. Pasalnya ia membangunnya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Bruce Campbell, 62 tahun, telah menghabiskan waktu hingga 10 tahun untuk mengubah pesawat jet 727 yang berkapasitas 200 penumpang menjadi sebuah rumah tinggal yang nyaman untuk dihuni.

Pria yang merupakan insinyur Lingkungan dan Bangunan ini membeli pesawat tersebut dengan harga USD 100.000. Untuk proses pembuatannya, Bruce kemudian menghabiskan sekitar USD 100 ribu lagi, termasuk biaya memindahkan dari bandara ke tempat tinggalnya.

Jika dihitung, jumlah uang yang digunakan Bruce untuk membangun rumah impian tersebut memang terbilang cukup fantastis. Faktanya, dengan uang sebanyak itu, Bruce bisa saja dengan mudah mendapatkan rumah yang super mewah. Namun semua itu tidak dilakukannya.
Seperti yang dilansir dalam websitenya, Bruce menjelaskan beberapa alasan mengenai pilihannya. Tanpa bermasuk menyinggung siapapun, pria yang ramah senyum ini menyebut material rumah yang ada cenderung cepat lapuk dan mudah rumah. Belum lagi ditambah dengan gangguan rayap dan mikroba. Alasan lain adalah strukturnya yang mudah goyah, bahkan hancur jika terkena angin kencang dan gempa.

Sementara itu dilain pihak, Bruce menyebut pesawat dibuat dengan desain yang lebih kokoh dan telah diuji dengan teknologi tingkat tinggi. Setidaknya dengan kontrol yang efektif, Bruce mengatakan sebuah pesawat bisa bertahan hingga berabad-abad.

Meski memakan waktu hingga 10 tahun, namun proses pembuatan rumah pesawat itu masih jauh dari kata sempurna. Hingga saat ini, Bruce baru berhasil membuat tiga toilet yang ada di pesawat itu berfungsi. Selain itu Bruce juga telah berhasil menyambungkan listrik ke dalam pesawat sekaligus membangun sebuah shower sementara di kabin utama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: