Posted by: gunuk | 13/06/2012

Aplikasi Instant Messaging Jabber

Aplikasi instant messaging tampaknya telah menjadi aplikasi wajib bagi Anda yang gemar chatting. Ada satu lagi aplikasi instant messaging yang diperuntukkan bagi kalangan pebisnis, yakni Jabber.

Jabber dikembangkan oleh Cisco, perusahaan global yang bergerak di bidang jaringan dan telekomunikasi. Aplikasi ini bisa dijalankan di komputer Windows dan Mac, serta perangkat mobile berbasis BlackBerry, Nokia, iOS, dan Android.

Cisco punya misi menjadikan Jabber sebagai solusi berkomunikasi lintas platform untuk keperluan bisnis karena menyediakan ruang rapat virtual dengan fasilitas WebEx Meeting Center.

“Selain chatting, Jabber juga bisa digunakan untuk mengirim suara, video, desktop sharing, dan konferensi,”basis protokol pesan Jabber adalah extensible messaging and presence protocol (XMPP). Hal ini membuat Jabber kompatibel dengan aplikasi chatting lainnya, seperti GTalk, AIM, ataupun AOL.

Jabber diakuisisi Cisco pada tahun 2008. Pada Maret 2011, aplikasi ini kembali diluncurkan secara resmi oleh Cisco. Jabber bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi online.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: