Posted by: gunuk | 16/06/2012

Siapa Yang Tak Kenal DORAEMON

Doraemon“. Sebenarnya siapa sih tokoh yang paling berjasa atas kartun fenomenal yang banyak disukai orang ini?Doraemon merupakan tokoh kartun yang berasal dari Jepang yang diciptakan oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969 yang berarti sekarang umur Doraemon sendiri adalah 43 tahun??? Hemm, walaupun usianya sudah lumayan tapi tetep menggemaskan ya.

Doraemon sendiri lahir pada tanggal 3 September 2112, dan memiliki berat 129.3 kg, tinggi 129.3 kg, serta dapat melompat hingga 129.3 cm juga dapat berlari sejauh 129.3 km/jam.

Pertama kali hadir dalam serial komik pada tahun 1974 dan kemudian pada tahun 1979 mulai diserialkan ditelevisi. Sedangkan pertama kalinya hadir di Indonesia, di TVRI Yogyakarta pada tahun 1974, kedua di TVRI pada tahun 1979-1989 dan yang ketiga di RCTI pada tahun 1989 hingga saat ini. Makanya dari anak-anak sampai orang dewasa pasti kenal Doraemon.

Robot kucing berwarana biru ini berasal dari abad ke 22 yang ditugaskan untuk membantu Nobita, dalam menghadapi segala masalah dalam kehidupannya. Eh asal tau aja, awalnya warna Doraemon adalah kuning. Saat itu telinga Doraemon digit tikus hingga habis dan membuat dia depresi yang setelahnya dia meminum ramuan berlabel “Kesedihan” dan kemudian menangis hingga warna kuningnya luntur menjadi warna dasar, yaitu biru dan suaranyapun juga ikut berubah seperti sekarang ini karena ramuan tersebut.

Nobita yang selalu meminta bantuan pada Doraemon dalam menyelesaikan masalahnya, kerap kali salah menggunakan kebaikan Doraemon tersebut. Alhasil ia sendiri yang menanggung akibatnya. Bersama teman-teman nobita, seperti Giant, Suneo dan Shizuka mereka sering berpetualang ke Negeri Awan, Negeri Matahari, Negeri Angin, dan yang tempat-tempat seru lainnya.

Dan hal yang gak ketinggalan dari Doraemon adalah Kantong Ajaibnya yang bisa ngeluarin alat-alat canggih seperti Pintu Kemana Saja, Baling-Baling Bambu, Senter Pembesar dan Pengecil, Mesin Waktu, Selimut Waktu, dan banyak lainnya.

Tapi akhir dari cerita Doraemon ini banyak sekali versinya, ada versi Doraemon kehabisan baterai, sehingga harus menggantinya dengan resiko semua ingatan Doraemon akan hilang, termasuk kenangan bersama nobita. Ada versi Nobita yang jatuh terbentur kepalanya hingga koma dan semua alat Doraemon dijual untuk biaya operasinya, dan banyak versi lainnya.

Hemm bagaimanapun akhirnya, yang jelas Doraemon akan tetap menjadi tontonan dan juga serial kartun yang sangat menghibur semua kalangan usia.

Sedikit info,film animasi Jepang seperti Doraemon,Pokemon,dan Detektif Conan proses pembuatannya dilakukan oleh orang Indonesia. Ada satu perusahaan pembuatan film animasi di Bali bernama lainnya PT Marsa Juwita Indah.yang sudah membuat hampir 50% film animasi Jepang.

Bukan cuma untuk film animasi Jepang saja, ternyata ada sebuah perusahaan dari Indonesia yang bernama Asiana Wang Animation sering mendapatkan order pengerjaan untuk film animasi dari Walt Disney,MGM dan Warner Bros yang banyak diputar di bioskop.

(berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: