Posted by: gunuk | 19/06/2012

XL Tunai,Cara Baru Kirim Uang

XL Axiata mengeluarkan fitur baru pada produk uang elektroniknya, XL Tunai, yaitu layanan pengiriman uang domestik. Layanan ini memungkinkan sesama pengguna XL untuk saling mengirimkan uang melalui ponsel mereka.

Direktur Teknologi, Content, and New Business XL, Dian Siswarini, mengatakan layanan ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat yang belum menggunakan jasa bank atau kantor pos untuk mengirimkan uang.

Ia menyebutkan hanya sekitar 12 persen penduduk Indonesia yang menggunakan layanan wesel di kantor pos. Sementara itu, 50 juta rekening yang ada di Indonesia diperkirakan hanya menyentuh sekitar 10 persen penduduk di Tanah Air, mengingat banyak orang yang memiliki rekening ganda.

“Masih banyak orang yang menggunakan jalur informal, seperti menitip pada sopir bus atau kenalan, untuk mengirim uang ke kampung halaman. Pasar yang belum tergarap masih sangat besar,” ujarnya di Jakarta, Senin, 18 Juni 2012.
Untuk menggunakan layanan ini, yang harus dilakukan pengirim pertama kali adalah mengisi saldo XL Tunai di XL Center maupun agen bertanda XL Tunai dan melakukan registrasi dengan membawa KTP asli dan fotokopinya.

Setelah saldo XL Tunai terisi, pengguna dapat mengirimkan uang dengan mengakses *123*120*9# dan memasukkan nomor KTP penerima. Pengguna dapat mengirim uang senilai Rp 10 ribu hingga Rp 5 juta. Untuk pengiriman hingga Rp 200 ribu, pengirim dikenakan biaya Rp 5.000, dan Rp 10 ribu untuk pengiriman di atas itu.

Setelah transaksi berhasil, pengirim mendapat SMS konfirmasi yang berisi kode pengiriman serta informasi detail pengiriman. Penerima uang juga akan menerima SMS berisi kode transaksi sekaligus dihubungi oleh Call Center 120 yang akan memberi informasi cara pengambilan uang.

Penerima diberi pilihan untuk mengambil uang langsung di XL Center dan agen, atau meminta uang diantar ke lokasi yang diminta pelanggan. Untuk mencairkan uang tersebut, penerima diminta menunjukkan KTP asli dan menandatangani bukti tanda terima.

Senior GM M-Finance XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan layanan ini didukung oleh lebih dari 2.000 agen XL Tunai, yang sekitar 90 persennya berada di Jakarta.

“Untuk tahap awal, ada lebih dari 100 agen yang tersebar di luar Jakarta, terutama di daerah kantong pekerja seperti Jawa Tengah,” ujarnya.

XL menargetkan, hingga akhir tahun ini, terdapat 150 ribu pengguna XL Tunai yang memanfaatkan layanan ini. Saat ini tercatat sekitar 70 ribu pengguna XL Tunai yang diluncurkan sejak awal tahun ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: