Posted by: gunuk | 29/06/2012

Kamera Mirrorless Yang Praktis

Saat ini kamera mirrolless sudah banyak penggemarnya dibandingkan DSLR. Hasil gambar yang dihasilkan mirolless tidak kalah dengan kamera DSLR.
Kamera mirrorless merupakan kamera dengan lensa yang dapat berganti tanpa cermin (interchangeable lens camera).
Kamera mirrorless menghilangkan mirror atau pentaprisma itu. Akibatnya body kamera lebih kecil dibandingkan DSLR. Live Viewnya menyatu dengan layar LCD, seperti yang ada di kamera saku.
Sehingga kamera ini sangat menguntungkan bagi yang suka jalan-jalan karena tidak berat dan praktis dibawa di dalam tas.

Pasar kamera mirrorless kembali diramaikan oleh kehadiran produk besutan Sony, NEX-F3, yang menyuguhkan sejumlah pembaruan dibanding model pendahulunya, NEX-C3. Kamera ini dilengkapi dengan sensor Exmor CMOS APS HD beresolusi 16,1 megapixel yang biasa ditemukan dalam kamera DSLR.

Sensor berukuran besar ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto dengan tingkat noise yang rendah dan menciptakan efek buram di latar belakang objek. Selain memanjakan para fotografer dengan kualitas foto yang dapat dihasilkan, NEX-F3 juga akan menarik perhatian para videografer yang ingin merekam video Full HD (60i/24p).

Sony tidak lupa menyematkan fitur Superior Auto Mode bagi para pemula atau pengguna yang tidak ingin direpotkan dengan pengaturan kamera untuk menghasilkan foto-foto berkualitas. Baterai yang dibenamkan di dalam NEX-F3 mengalami peningkatan performa sebesar 18% atau menjadi sekitar 470 pengambilan gambar dalam satu kali pengisian daya dibanding pendahulunya.

Pengembangan lainnya yang dihadirkan Sony dalam NEX-F3 terdapat di layar LCD yang dapat diputar hingga 180° untuk memudahkan pengambilan foto self-portrait. Sebuah flash built-in pun hadir dalam model ini untuk memudahkan pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan yang buruk.

NEX-F3 dilengkapi dengan fitur Auto Portrait Framing yang mampu mendeteksi posisi wajah subjek dan melakukan cropping untuk menghasilkan foto portrait terbaik. Resolusi hasil cropping foto ini diperbesar hingga resolusi penuh menggunakan teknologi By Pixel Super Resolution. Teknologi ini juga digunakan dalam fitur Clear Image Zoom yang menggandakan pembesaran gambar secara efektif di lensa apapun.

Kamera ini akan meluncur pada bulan juni dengan harga USD600, ditambah dengan aksesoris lensa E18-200mm F3.5-5.6 LE berkemampuan 11x superzoom yang dijual dengan harga USD850 di bulan berikutnya.


Responses

  1. […] tidak secara resmi menyebut sebagai “mirrorless“, Canon akhirnya memperkenalkan seri kamera mirrorless pertamanya […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: