Posted by: gunuk | 16/07/2012

Bali International Kite Festival

Ribuan layang-layang hari jumat hingga Minggu, 15 Juli 2012 kembali  menghiasi langit kawasan wisata Sanur Denpasar. Ribuan layan-layang ini merupakan serangkaian Festival Layang-layang tahunan tingkat Provinsi Bali yang sudah digelar untuk ke-34 kalinya.

Sebanyak 1.211 layang-layang telah mendaftar kepada panitia. “Selain hobi, ini juga bentuk pelestarian budaya,” kata Ketua Panitia, I Gusti Putu Rai Andayana.

Peserta lomba berasal dari kalangan sekeha (banjar) serta penghobi layang-layang. Adapun kategori lomba meliputi kategori tradisional, yakni layang-layang berbentuk Janggan (berekor panjang), Pecukan (segi sempat), dan Bebean (limas). Selain itu, ada juga kategori kreasi baru.

Layang-layang itu seluruhnya berukuran raksasa, minimal berukuran 3×2 meter. Satu layangan bisa dimainkan antara 10 hingga 15 pemuda. Untuk meramaikan suasana, layangan akan diarak dengan iringan gamelan yang meriah.

Lomba dibuka oleh walikota Denpasar, IB Rai Mantra, dengan melakukan tarikan pertama.

Di sela-sela kemeriahan festival, ada kabar duka menyelinap. Salah seorang penonton berusia 8 tahun terhantam layang-layang berukuran 8 x 5 meter. Made Ade Yudi Sastrawan, sang anak, langsung dilarikan ke Rumah Sakit Sanglah, Denpasar. Naas, nyawanya tak tertolong akibat cedera kepala yang dialaminya cukup serius. Saat kejadian, Made bersama sang ibu di antara penonton lainnya.

Gusti Putu Rai Andayana, sang ketua pelaksana Bali International Kite Festival menyampaikan simpatinya kepada keluarga korban, dan menyayangkan kecelakaan yang baru pertama kali terjadi sepanjang pelaksanaan festival ini. Ia mengatakan bahwa panitia menempatkan tim medis dari Palang Merah Indonesia untuk berjaga di sekitar lokasi, sebagai pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

Mengingat festival diadakan di pesisir pantai dengan kondisi angin yang cukup kencang, dan tidak adanya pembatas antara partisipan festival dan penonton, diharapkan pihak penyelenggara dapat lebih meningkatkan faktor keamanan agar kejadian serupa tidak terulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: