Posted by: gunuk | 23/07/2012

Senapan Serbu Taktis Colt Type AR-15

James Eagen Holmes, pelaku penembakan di teater 16 Bioskop Century, Wilayah Aurora, Kota Denver, Negara Bagian Colorado, Amerika Serikat menggunakan beberapa senjata berat dalam melancarkan aksinya.salah satunya adalah Senapan serbu taktis Colt tipe AR-15

Senapan serbu taktis Colt tipe AR-15, Senapan itu menjadi perlengkapan standar pasukan Amerika dan Satuan Elit Kepolisian SWAT. Senjata ini memiliki banyak versi dan tipe serta dijual bebas buat warga sipil. Tetapi mereka hanya diperkenankan membeli tipe semi-otomatis.

AR-15 terhitung ringan, yakni hanya memiliki berat 2.27 buat versi laras menengah sampai 3.9 kilogram tipe laras panjang. Senapan ini didesain oleh Eugene Stoner dan diproduksi pabrik ArmaLite pada 1958. Boleh dibilang senjata itu adalah saudara kembar M-16. Tetapi lantaran kesulitan keuangan, perusahaan itu akhirnya menjual desain senapan serbu itu kepada pihak lain, yakni Colt, Bushmaster, Rock River Arms, Stag Arms, DPMS, Panther Arms, Olympic Arms, dan masih banyak lagi. Alhasil, senapan itu pun mengalami banyak modifikasi.

AR-15 memiliki ukuran kaliber 0.223 x 5.56. Senapan ini dalam versi otomatis penuh dapat memuntahkan 800 peluru tiap menit dengan kecepatan lontaran proyektil mencapai 975 menit tiap detik. Jarak tembak efektifnya mencapai 400 sampai 600 meter. Senapan ini menjadi favorit lantaran ringan dan mudah diperbaiki serta dimodifikasi.

SENAPAN SERBU Armalite / Colt AR-15
Tipe Senapan serbu
Negara asal Amerika Serikat
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1958–sekarang
Sejarah produksi
Perancang Eugene Stoner
Tahun 1957
Spesifikasi
Berat 2,27 kg–3,9 kg
Panjang Laras
508 mm standar
406 mm
368 mm
Magazen .223 Remington, 5.56 NATO
Mekanisme Sistem gas langsung, bolt berputar
Rata² tembakan 800 butir/menit (versi otomatis)
Kecepatan peluru 975 m/s
Jarak efektif 550 m
Amunisi Magazen STANAG
Alat bidik Besi
AR-15 (singkatan dari Armalite model 15) adalah senapan semi-otomatis, yang mirip dengan senapan otomatis M16 atau karabin M4, banyak dimiliki, dan dipasarkan untuk sipil. Senapan AR-15 sipil memiliki banyak pilihan modifikasi dan umumnya memiliki pegangan pistol, popor lipat atau teleskopik, laras melingkar, dan tempat bayonet. Senapan AR-15 original buatan ArmaLite/Colt awalnya merupakan senapan purwarupa yang diikutsertakan dalam tender senapan Amerika Serikat, yang akhirnya diadopsi menjadi senapan M16.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: