Posted by: gunuk | 24/10/2012

ALTO, Mobil Murah dari Suzuki

Lahir pada tahun 2000, Alto hingga saat itu langsung menjelma menjadi mobil terlaris di India. Terhitung satu dari tiap delapan mobil yang dibeli di India adalah Alto.Saat ini, Alto diproduksi di pabrik Maruti Suzuki India. Alto untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor ke Eropa dan China.

Di India, mobil generasi baru ini dilepas dengan harga mulai dari 244.000 rupees atau sektiar Rp 43,5 jutaan sampai 299.000 rupees atau sekitar Rp 53,4 jutaan.2014 Alto akan diracik di Thailand untuk pasar ekspor.kemungkinan di pabrik ini Alto terbaru akan diproduksi. Kebijakan ini diharapkan bisa menekan biaya produksi sehingga harganya akan lebih ekonomis.Harapan nya…..
Di jantungnya di benamkan mesin  bensin 796 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm. Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar lebih ekonomis 15 persen dari model sebelumnya mencapai 22,7 kpl, sekaligus mencatatkan diri sebagai mobil kompak paling irit kedua di India setelah Tata Nano dengan rekor 25,3 kpl. terbaru yang dikatakan memiliki efisiensi 15 persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Hanya butuh 1 liter bensin untuk berjalan sejauh 22,74 km.

Calon mobil murah Toyota Agya dan Daihatsu dengan Ayla yang sudah diperlihatkan pada IIMS ke-20 lalu. Tapi, Suzuki justru sudah meluncurkan Alto 800 dengan banderol terendah 260.512 rupee (Rp47,3 juta) sampai termahal model LXi  377.174 rupee (Rp.68,4 juta) di New Delhi, India

Mungkin lebih murah dibandingkan membeli sebuah motor 2 sylinder 250cc, nah kalau masuk ke Indonesia kapan kira-kira,dan berapa banderolnya? masih jadi pertanyaan.Apabila pabrikan seperti Suzuki,Toyota dan Daihatsu membuat mobil murah,bagaimana dengan nasib mobil lokal,seperti Esemka misalnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: