Posted by: gunuk | 02/12/2012

Yamaha WR135 Pesaing Kawasaki KLX 150

20110125-WR-yamaha-1

Trail bike WR125R dan supermoto WR125X dari Yamaha ini sudah lama mengaspal di Inggris. Tapi coba lihat spesifikasinya, seandainya masuk Indonesia bisa jadi pesaing berat Kawasaki KLX 150.

Keduanya pakai mesin 4tak SOHC dengan 4 katup. Konstruksi kepala silindernya mirip Yamaha Jupiter MX atau Yamaha Vixion. Satu camshaft tapi memiliki dua rocker arm yang bercabang. Tiap rocker arm menggerakan dua katup atau klep.

Kapasitas mesinnya memang hanya 124,7cc, tapi Yamaha mengklaim powernya mencapai 14,7 dk. Bandingkan dengan Kawasaki KLX 150, khusus di Indonesia kapasitas mesinnya memang ditingkatkan hingga 150cc tapi powernya hanya 11,7 dk.Sistem pendingin sudah pakai radiator bukan mengandalkan sirip di blok silindernya. Pengkabutan bahan bakarnya pun sudah pakai injeksi bukan lagi karburator.

big_yamaha_wr125x_2009_01

Yamaha WR125R dan WR125X memang sedikit lebih besar. Ya, sesuai dengan postur tubuh pengendara di Eropa. panjangnya saja sampai 2 meter, sedang KLX 150 hanya 1,8 meter.WR125R (versi trail) sudah mengadopsi ban dengan ukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sedang KLX 150 masih pakai lingkar roda 19 inci dan 16 inci.WR125X supermoto, kedua rodanya pakai roda berdiameter 17 inci. Enggak kekecilan seperti D-Traccker 150 yang menggunakan roda 14 inci.

WR125R-2-500x500

Mungkin di Indonesia mesin Jupiter MX bisa digunakan,Ya.. sehingga nantinya ada perubahan nama menjadi Yamaha WR135 ,Yamaha tinggal membuatkan sasis baru untuk type motor ini

Buat Yamaha Indonesia semoga motor ini bisa di hadirkan di indonesia,untuk menambah pasar sport tanah berlumpur,dan segmen ini juga belum terjamah oleh Yamaha,yang masih diraajai oleh Kawasaki di segmen ini, ayo Yamaha …..

Spec WR125X
Engine
Engine type: liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves, Forward-inclined single cylinder
Displacement: 124.7cc
Bore x stroke: 52.0 mm x 58.6 mm
Compression ratio: 11.2 : 1
Maximum power: 11 kW (15PS) @ 9,000 rpm
Maximum torque: 12.2 Nm (1.24 kg-m) @ 8,000 rpm
Lubrication system: Wet sump
Fuel system: Fuel Injection
Clutch type: Wet, multiple-disc coil spring
Ignition system: TCI (digital)
Starter system: Electric
Transmission system: Constant Mesh, 6-speed
Final transmission: Chain

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: