Posted by: gunuk | 16/04/2013

Samsung Dengan Sistem Operasi Tizen

images

Samsung kembali membeberkan sedikit informasi mengenai produk smartphone berbasiskan sistem operasi Tizen.Nantinya, ponsel Tizen ini akan diposisikan setara dengan dua smartphone high-end Samsung lainnya, yaitu Galaxy S4 dan Galaxy Note versi baru.

Konsumen yang sudah berharap untuk membeli atau setidaknya mencoba perangkat ini pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Samsung berencana untuk menghadirkan produk Tizen tersebut ke pasaran pada Agustus atau September 2013 mendatang.

Keputusan Samsung untuk menghadirkan ponsel high-end berbasis Tizen tidak terduga sebelumnya. Pasalnya, “akar” dari sistem operasi Tizen ini adalah Bada dan MeeGo, dua sistem operasi mobile yang kebanyakan digunakan di perangkat ponsel kelas low dan mid range.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: