Posted by: gunuk | 02/12/2011

Suzuki GW250, 2 Silinder SOHC Pakai Injeksi

Salah satu produk Suzuki adalah motor sport turing bermesin 2 silinder GW250. Produk global ini kini sudah siap mengaspal di Eropa, khususnya di Inggris.

Hal ini tentunya sesuai dengan janji Suzuki Motor Corporation (SMC) lewat press realese yang dengan gamblang menyebutkan kalau GW 250 akan di jual di Eropa, Indonesia dan Amerika Selatan.

Suzuki GW250 yang dikembangkan di China ini akan hadir di Inggris dengan nama Suzuki Inazuma 250. Motor ini diperkenalkan di ajang pameran Motorcycle Live yang berlangsung di Brimingham, Inggris, 19 hingga 27 November 2011. Meski beda nama tapi secara desain dan spesifikasinya tetap sama.

Motor ini memiliki kapasitas mesin bersih 248 cc dengan teknologi masih single overhead camshaft (SOHC) tapi sudah menganut injeksi bahan bakar.
Sedang rangkanya disiapkan oleh para insinyur Suzuki di Jepang mengadopsi desain ala moge Suzuki B-KING. Meski dua silinder 250 cc, tapi Suzuki GW250 enjoy dengan desain telanjang layaknya motor penjelajah. Sayangnya Suzuki di Inggris belum merilis harga jual untuk motor sport barunya ini.

Produksi di China
Meski dijual dibanyak negara, pusat produksi dan perakitan GW250 akan tetap ada di China. Produksinya akan ditangani langsung oleh Changzhou Haojue Suzuki Motorcycle Co., LTD. Sebuah perusahaan patungan antara Suzuki dan Dachangjiang

Beberapa waktu yang lalu sudah dikabarkan  Kali ini, mari kita lihat spesifikasinya.Mulai dari mesin! Motor yang sudah lebih dulu diluncurkan di China ini tetap akan mengusung mesin dua silinder. Tiap kepala silinder punya konstruksi single overhead camshaft (SOHC) dan 2 klep.

Meski teknologinya sederhana, tapi sudah mengadopsi injeksi bahan bakar dan berpendingin air. Suzuki mengklaim tenaganya mencapai 18 kW di 8.500 rpm. Lumayan besar kan!

Sedang desainnya, jangan samakan dengan Kawasaki Ninja 250R. Meski sama-sama dua silinder, tapi yang ini naked bike. Bergaya telanjang ala motor turing.

Wheelbase-nya yang panjang hingga 1.430 mm menjelaskan kalau motor ini lebih mengutamakan stabilitas ketika berkendara jauh. Suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang diharapkan mampu membuat perjalanan lebih mengasyikan.

Sedang desainnya, sekilas mirip Suzuki B-King. Wajar kalau dijuluki “Baby B-King”. Tapi karakter keduanya sedikit berbeda. Tampang GW250 tidak seliar Suzuki B-King.

Meski lebih elegan, dua knalpot di bagian belakang dan ban berukuran lebar cukup membuatnya terlihat disegani di jalanan.

Di China, varian ini dijual 23.880 CNY atau setara Rp 33,5 jutaan. Masih lebih murah dari CBR 250R non ABS yang dilepas Rp 39 jutaan atau Kawasaki Ninja 250R yang dilego diatas Rp 45 juta.

Spesifikasi Suzuki GW250

Panjang: 2.145 mm
Lebar: 760 mm
Tinggi: 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.430 mm
Jarak terendah ke Tanah: 165 mm
Berat kosong: 173 kg

Mesin: 2 silinder SOHC
Diameter x Langkah: 53,5 mm x 55,2 mm
Kapasitas silinder: 248 cc
Kompresi: 11,5:1
Sistem Bahan Bakar: Injeksi
Tenaga maksimum: 18 kW @ 8.500 rpm
Torsi maksimum: 22 Nm @ 6.500 rpm

Kapasitas tanki: 14 L
Diameter disk brake depan: 290 mm
Diameter disk brake belakang: 240 mm
Ban depan: 110/80-17M/C 57H
Ban belakang: 140/70-17M/C 66H


Leave a comment

Categories